Konsumsi BBM di Jatim Naik 3 Persen selama Libur Akhir Tahun

Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) jenis gasoline seperti Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo di wilayah Jawa Timur mengalami peningkatan hingga 3% selama periode Natal dan Tahun Baru 2020.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 07 Januari 2020  |  22:28 WIB
Konsumsi BBM di Jatim Naik 3 Persen selama Libur Akhir Tahun
Mobil melintas di jalan tol Surabaya-Mojokerto usai peresmian fungsional di Gerbang Tol Waru, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (19/6). - Antara/M Risyal Hidayat

Bisnis.com, SURABAYA – Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) jenis gasoline seperti Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo di wilayah Jawa Timur mengalami peningkatan hingga 3% selama periode Natal dan Tahun Baru 2020.

Unit Manager Communication, Relations, dan CSR Pertamina MOR V, Rustam Aji mengatakan kenaikan konsumsi tertinggi terjadi di SPBU sepanjang jalan tol Surabaya–Ngawi, Surabaya–Malang dan Surabaya–Probolinggo yang mencapai 59% dari hari normal.

“Kenaikan tinggi di sepajang jalan tol ini terjadi karena tersambungnya tol dari Jakarta – Probolinggo ini menjadikan opsi untuk berlibur menggunakan jalur darat,” jelasnya dalam rilis, Selasa (7/1/2020).

Dia menambahkan jika melihat daerah wisata seperti Batu Malang dan Banyuwangi, tercatat konsumsi gasoline mengalami kenaikan yang tinggi yakni masing-masing sebesar 125% dan 158%.

Adapun konsumsi rata-rata gasoline di Jatim selama libur Natal dan Tahun Baru ini mencapai 14.080 kl/hari. Konsumsi tersebut naik sebesar 3% dari rata-rata normal harian yang berada di angka 13.640 kl/hari.

“Kenaikan tertinggi ada pada jenis Pertalite dan Pertamax, yang mencapai 5%,” tambah Rustam.

Sementara produk gasoil seperti Solar, Dexlite dan Pertamia Dex justru mengalami penurunan sampai 12% dari rata-rata hari normal. Penurunan terjadi karena berurangkan operasional kendaraan besar seperti truk dan angkutan barang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Natal dan Tahun Baru

Editor : Sutarno
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup