Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ALFI : Bisnis Maritim Harus Punya Eksosistem Jelas

Kalangan pengusaha logistik dan forwarder Jawa Timur menilai bisnis kepelabuhan dan maritim ke depan harus punya ekosistem yang lebih terstruktur dengan jelas dan terintegrasi dengan baik.
Kapal laut. /Bisnis.com
Kapal laut. /Bisnis.com

Bisnis.com, SURABAYA - Kalangan pengusaha logistik dan forwarder Jawa Timur menilai bisnis kepelabuhan dan maritim ke depan harus punya ekosistem yang lebih terstruktur dengan jelas dan terintegrasi dengan baik.

Ketua Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) DPW Jatim, Hengky Pratoko mengatakan selain pengelola pelabuhan seperti Pelindo yang terus berbenah, pihak lain seperti Bea Cukai dan Balai Karantina juga perlu berbenah mengingat saat ini pengusaha masih kerap mengahadapi kendala dalam menggunakan jasa transportasi laut.

"Masalah kemaritiman negara kita harus jelas, ekosistemnya juga harus dibenahi dan diharapkan setiap peraturan itu sejalan dengan aplikasi saat di lapangan," katanya di sela-sela Seminar Nasional Maritime Leadership Stiamak Surabaya, Rabu (18/12/2019).

Dia mengatakan, setiap customer memiliki keinginan untuk mendapatkan layanan yag efisien dan cepat serta mengedepankan servis sehingga hal ini seharusnya bisa digali lebih banyak oleh instansi terkait seperti Bea Cukai, Karantina dan aparat pemerintah lainnya.

Sebagai contoh, Bea Cukai masih memiliki waktu sampai 3 tahun untuk mengkoreksi barang yang telah keluar dari kepabean. Namun, yang terjadi, Bea Cukai melakukan pemeriksanaan kembali terhadap barang-barang yang biasanya sudah habis dikonsumsi selama 3 tahun tersebut.

"Konyolnya ada anggota kami yang diperiksa lagi dan itu harus melakukan tambah bayar, padahal sudah 3 tahun barang habis tidak ada jejak, tapi mereka memanggil dan memeriksa, ini kan tidak efisien, dan tidak ada garansi permasalahan hukum," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, dalam ekosistem maritim juga kerap terjadi over lapping antar aparat sendiri atau government officer sendiri. Sebagai contoh, masalah penangkapan kapal MV Seaspan Fraser yang mengangkut kontainer barang ekspor dari Surabaya tujuan Singapura. 

Penangkapan dilakukan oleh TNI AL saat kapal berjalan, hingga akhirnya barang tersebut ditahan selama 30 hari di Batam dengan alasan masalah keamanan, padahal dokumen ekspor telah dilengkapi sehingga kapal bisa berangkat.

"Akhirnya barang ekspor ini mengalami keterlambatan sampai 30 hari. Kalau itu barang untuk momen Natal misalnya, pasti di negara tujuan sudah tidak diperlukan lagi. Nah kasus seperti ini menjadi tanggung jawab siapa untuk diperairan karena ada TNI AL, ada polisi, ada Karantina," katanya.

Untuk itu, lanjut Hengky, pengusaha logistik dan forwader maupun pengusaha pelayaran berharap pemerintah memiliki satu badan pengawasan di laut atau single body agar tidak over lapping dalam antar aparat.

"Terutama agar tidak menghambat kinerja ekspor, karena kalau itu terjadi, dikhawatirkan berdampak pada penurunan ekspor karema buyer di luar negeri kecewa dan enggan untuk order barang lagi dari Indonesia," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper