Jelang Nataru, Pemkot Surabaya Akan Gelar Operasi Pasar di 31 Kecamatan

Pemerintah Kota Surabaya akan menggelar operasi pasar sesikitnya di 31 kecamatan menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru sebagai upaya menekan laju inflasi.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 08 Desember 2019  |  06:16 WIB
Jelang Nataru, Pemkot Surabaya Akan Gelar Operasi Pasar di 31 Kecamatan
Warga antre membeli elpiji ukuran tiga kilogram bersubsidi dalam operasi pasar - ANTARA/Mohamad Hamzah

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya akan menggelar operasi pasar sesikitnya di 31 kecamatan menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru sebagai upaya menekan laju inflasi.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Surabaya, Wiwiek Widayati mengatakan sejak 28 November 2019 hingga saat ini sudah 8 lokasi dilaksanakan operasi pasar, di antaranya Dukuh Pakis, Tandes, Wonokromo, Gubeng, Benowo dan Rungkut.

"Kami langsung menuju ke lingkungan masyarakat. Biasanya, kami menggunakan Balai RW, kemudian Kantor Kecamatan dan lainnya, jadi dalam sehari 2 titik lokasi di satu kecamatan," ujarnya dalam rilis, Jumat (6/12/2019).

Dia mengatakan jenis bahan kebutuhan pokok penting yang digelontor dalam kegiatan operasi pasar tersebut meliputi telur, bawang merah, daging, ayam dan bahan pokok lainnya, seperti minyak curah, karena trennya meningkat.

"Dalam sekali operasi pasar, jumlah komoditas yang digelontorkan, meliputi telur sebanyak 50 kg, gula 25 km, minyak 60 pack," jelasnya.

Selain menggelar operasi pasar, Pemkot Surabaya pun melakukan monitoring harga-harga kebutuhan pokok di pasar tradisional.

Terdapat 7 pasar yang dimonitoring harganya yakni Pasar Wonokromo, Pasar Pucang, Tambakrejo, Pasar Kembang, Pasar Pabean dan Pasar Genteng.

Wiwiek menyampaikan, dalam melakukan kegiatan monitoring, pihaknya membandingkan daftar harga di periode yang sama mendekati Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

Diketahui, harga-harga bahan pokok penting sudah mulai menggeliat seperti telur, daging ayam, dan bawang merah.

Berdasarkan batas atas Harga Acuan Penjualan Konsumen (HPAK), telur ayam besarannya Rp23.000/kg, tetapi harga pasaran Rp24.000 - Rp25.000/kg. Sedangkan bawang merah, HPAK nya mencapai Rp32.000/kg dan harga di pasaran masih lebih rendah yakni Rp28.000 - Rp30.000/kg.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
operasi pasar

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup