Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Surabaya Pasang Alat Pacu Jantung di 16 Titik Fasilitas Publik

Pemerintah Kota Surabaya melengkapi fasilitas publik dengan alat pacu jantung atau AED (Automatic External Defibrilator) sebagai antisipasi bagi para penderita jantung yang membutuhkan.

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya melengkapi fasilitas publik dengan alat pacu jantung atau AED (Automatic External Defibrilator) sebagai antisipasi bagi para penderita jantung yang membutuhkan.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Hariyanto menjelaskan alat pacu jantung AED merupakan alat medis yang berfungsi untuk menstimulasi detak jantung pada seseorang yang mengalami gangguan jantung mendadak.

"Salah satu contohnya pada saat tenggelam, shock berat, kecelakaan atau juga karena serangan jantung secara tiba-tiba," katanya dalam rilis, Kamis (28/11/2019).

Dia menjelaskan alat pacu jantung tersebut akan dipasang di fasilitas publik yang menjadi tempat berkumpulnya warga Surabaya.

Dengan begitu, katanya, alat ini bisa digunakan apabila sewaktu-waktu ada warga yang terkena serangan jantung mendadak. Sembari meminta bantuan ambulance, orang yang terkena serangan jantung bisa ditolong dulu dengan alat ini.

"Karena apabila orang yang terkena serangan jantung itu tidak ditolong selama 10 menit, maka dia akan meninggal, jadi ini sangat bermanfaat," katanya.

Menurutnya, pemasangan fasilitas ini merupakan langkah preventif lantaran mencegah lebih baik daripada mengobati.

Untuk saat ini, pemasangan alat pacu jantung ini akan dipasang di 16 titik yaitu Gedung Pemkot Surabaya lantai 1 dan lantai 6, balai kota lantai 2, Kantor Bappeko, Gedung DPRD Surabaya, Balai Pemuda, Gedung Nasional Indonesia, Tugu Pahlawan dan Taman Bungkul.

"Selain itu, akan dipasang pula di Convention Hall, UPTSA Timur, Sentra Ikan Bulak, THP Kenjeran, Siola lantai 1, lantai 4 dan lantai 3," imbuhnya.

Hariyanto menambahkan, nantinya alat ini akan dievaluasi kembali perkembangan dan kemanfaatannya.

"Jadi bukan tidak mungkin alat ini akan terus ditambah di semua fasilitas publik di Kota Surabaya," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper