Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tahun Depan Surabaya Pasang Jaringan Fiber Optik di Barat & Utara

Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Surabaya pada 2020 akan memasang jaringan fiber optik di wilayah Surabaya Barat dan Utara.
Ilustrasi fiber optik/Reuters-Alessandro Bianchi
Ilustrasi fiber optik/Reuters-Alessandro Bianchi

Bisnis.com, SURABAYA – Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Surabaya pada 2020 akan memasang jaringan fiber optik di wilayah Surabaya Barat dan Utara guna memperkuat jaringan internet untuk berbagai kebutuhan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Surabaya M. Fikser saat ini pihaknya sudah mulai melakukan pembenahan infrastruktur jaringan fiber optik di sejumlah titik di Surabaya Barat.

"Upaya pembenahan ini dilakukan agar jaringan internet di kantor-kantor pemerintah kota bisa semakin kuat dan stabil. Kalau di tengah kota, semuanya sudah dilakukan, jadi tak ada lagi jaringan internet di lingkungan Pemkot yang lemot,” ungkapnya melalui siaran pers pada Selasa (19/11/2019).

Dia mengatakan melalui pembenahan tersebut diharapkan sewa bandwidth juga lebih hemat, karena jika jaringan fiber optik terpasang, penggunaan bandwidth juga berkurang.

“Selain di kantor pemerintah, pemasangan jaringan fiber optik juga di taman-taman sekaligus untuk suplai kebutuhan CCTV,” tambahnya.

Berdasarkan data Dinkominfo, pada 2019 jaringan fiber optik yang terpasang ada di sepanjang 80 kilometer. Jaringan Fiber optik tersebut dipasang di kawasan pinggiran Surabaya Timur.

“Dengan begitu, jaringan internet dan CCTV yang terpasang di berbagai wilayah Kota Surabaya tidak putus-putus,” ucapnya.

Jaringan fiber optik yang terpasang di sejumlah wilayah ini telah dimanfaatkan untuk kebutuhan ruang publik seperti taman dan juga Broadband Learning Center (BLC).

BLC yang kini berjumlah 52 titik ini merupakan sarana pembelajaran komputer dan internet gratis bagi warga Kota Surabaya, sebagai upaya mencerdaskan masyarakat.

“Tahun ini ada penambahan BLC yang kita pasang di Sememi, Rusun Tambak Wedi dan Rusun Keputih. Pemasangan di rusun-rusun, supaya anak-anak warga yang tinggal di situ bisa belajar teknologi komputer dan lainnya,” kata Fikser.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper