OJK Jatim Optimistis Literasi & Inklusi Keuangan Terus Meningkat

OJK) Regional 4 Jawa Timur optimistis target inklusi keuangan sebesar 75% secara nasional tahun ini dapat tercapai sejalan dengan berbagai upaya sosialisasi dan edukasi yang gencar dilakukan sepanjang tahun.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 06 November 2019  |  15:39 WIB
OJK Jatim Optimistis Literasi & Inklusi Keuangan Terus Meningkat
Ilustrasi Otoritas Jasa Keuangan - Antara

Bisnis.com, SURABAYA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 4 Jawa Timur optimistis target inklusi keuangan sebesar 75% secara nasional tahun ini dapat tercapai sejalan dengan berbagai upaya sosialisasi dan edukasi yang gencar dilakukan sepanjang tahun.

Kepala OJK Regional 4 Jawa Timur Heru Cahyono mengatakan inklusi keuangan di Indonesia sudah mencapai 67% dari jumlah populasi. Tingkat inklusi tersebut meningkat pesat jika dibandingkan dengan 5 tahun lalu yang hanya 36%.

“OJK optimistis bahwa tahun ini target tersebut dapat tercapai, baik secara nasional maupun inklusi keuangan di Jatim sendiri,” ungkapnya melalui siaran pers pada Rabu (6/11/2019).

Dia mengungkapkan data survei literasi dan inklusi keuangan 2016 yang dilakukan oleh OJK tercatat bahwa indeks literasi keuangan di Jatim mencapai 35,58%, lebih tinggi dibandingkan dengan literasi keuangan nasional yang hanya 29,66%.

“Sedangkan indeks inklusi keuangan Jatim saat ini sudah mencapai 73,25% lebih tinggi dibandingkan dengan indeks inklusi keuangan nasional yang baru 67,82%,” tambahnya.

 Heru mengatakan salah satu upaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Jatim ini, OJK bersama dengan Forum Komunikasi Lembaga Jasa Keuangan Daerah (FK-LKJD) Jatim telah menggelar kegiatan bertajuk Pelatihan Literasi dan Inklusi atau Petik Keuangan 2019 pada 5 November 2019.

“Dalam literasi keuangan ini, kami menyasar kaum milenial yakni sekitar 1.000 mahasiswa dari berbagai universitas negeri dan swasta,” paparnya.

Menurutnya, milenial merupakan bidikan yang tepat karena merupakan generasi penerus bangsa. Bahkan selama seminar tersebut, OJK juga menyiapkan aksi jeuangan dan investasi yang diikuti para milenial yakni melalui pembukaan rekening yang terdiri dari rekening tabungan bank, pembiayaan atau modal kerja, simpanan emas, pembiayaan gadai, rekening efek, dan rekening reksa dana.

“Kami juga hadirkan start up di bidang perencanaan keuangan seperti Jouska yang bisa memberikan wawasan bagi para milenial ini. Kami berharap, kegiatan seperti ini juga dilakukan di kota-kota lain di Jatim, sehingga slogan untuk menjadikan Jatim Well Financial Literate bisa terwujud,” ucap Heru.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ojk, literasi keuangan

Editor : M. Syahran W. Lubis
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup