Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kampung Lawang Seketeng Surabaya Bakal Jadi Wisata Heritage

Pemerintah Kota Surabaya berencana menjadikan Kampung Lawang Seketeng yang berada di Kelurahan Peneleh, Kecamatan Genteng Surabaya, sebagai salah satu destinasi wisata heritage.
/humas.surabaya.go.id
/humas.surabaya.go.id

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya berencana menjadikan Kampung Lawang Seketeng yang berada di Kelurahan Peneleh, Kecamatan Genteng Surabaya, sebagai salah satu destinasi wisata heritage

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan saat ini pihaknya sedang menyiapkan grand desigm untuk penataan kawasan kampung tersebut.

"Sekarang kami sedang menyiapkan kebutuhan untuk penataan di kampung itu," katanya dalam rilis, Jumat (25/10/2019).

Dia mengatakan banyak bukti-bukti otentik sejarah yang ditemukan di kawasan tersebut yang nantinya bakal dikoneksikan satu sama lain.

"Salah satu yang bisa dikoneksikan paket wisatanya adalah dengan makam syekh, dan makam Mbah Pitono," katanya.

Menurutnya, banyak masyarakat yang belum mengetahui asal-usul makam Mbah Pitono yang berada di tengah perkampungan itu. Diperkirakan, Mbah Pitono dahulu merupakan salah satu guru ngajinya Presiden Soekarno dan Bung Tomo (Pahlawan Kemerdekaan).

Di kampung ini, katanya, juga terdapat rumah tinggal Presiden Soekarno serta meja bundar yang diduga pernah digunakan Bung Tomo.

"Selain itu, di kawasan ini juga terdapat sumur tua dan Musholla kuno yang menyimpan banyak benda sejarah, seperti tombak, Al-Qur'an bertuliskan tangan, ilmu falaq, hingga waktu shalat zaman dahulu," katanya.

Sebagai pendukung tempat wisata, bangunan rumah-rumah lawas di Kampung Lawang Seketeng ini pun masih terawat hingga sekarang.

"Untuk itu kami akan siapkan wisata yang berkesan vintage rumah-rumah kuno itu dengan objek-objek sejarah, tapi penataan tidak menghilangkan estetika dari kampung lawas itu sendiri," imbuhnya.

Rencananya Kampung Wisata Heritage di Kelurahan Peneleh ini bakal diresmikan bertepatan pada Hari Pahlawan 10 November 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper