PTPN X Bangun Pabrik CO2 Tahun Depan

PT Energi Argo Nusantara (Enero), anak usaha PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X berencana menambah produk diversifikasi dengan membangun pabrik CO2 pada 2020 guna memenuhi kebutuhan pasar.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 15 Oktober 2019  |  19:00 WIB
PTPN X Bangun Pabrik CO2 Tahun Depan
Gas CO2 - ilustrasi

Bisnis.com, SURABAYA – PT Energi Argo Nusantara (Enero), anak usaha PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X berencana menambah produk diversifikasi dengan membangun pabrik CO2 pada 2020 guna memenuhi kebutuhan pasar.

Direktur Utama PTPN X, Dwi Satriyo Annurogo mengatakan kebutuhan pasar CO2 saat ini sangat tinggi, khususnya untuk kebutuhan industri minuman berkarbonasi.

"Adanya permintaan pasar tersebut membuat kami tergerak untuk segera merealisasikan pabrik CO2 ini pada 2020," katanya Selasa (15/10/2019).

Dia mengatakan selain membangun pabrik CO2, perseroan juga berupaya mengembangkan produk diversifikasi lain untuk meningkatkan kinerja, di antaranya seperti produk fuel grade ethanol menjadi multi grade ethanol.

Etanol yang dihasilkan tersebut adalah etanol grade, industrial grade, dan food grade. 

“Adanya diversifikasi produk ini diharapkan mampu memperluas bisnis Enero karena dapat merambah pasar industri maupun makanan,” imbuh Dwi. 

Dia mengatakan, saat ini Enero juga telah membangun 2 unit boiler baru dengan kapasitas 2x10 ton/jam.

Boiler baru tersebut akan membantu kinerja Enero bahkan pada saat pabrik gula Gemplokrep sudah tidak dalam masa giling, mengingat selama ini kinerja steam Enero masih bergantung kepada PG Gempolkrep pada saat masa giling.

"Penambahan 2 boiler ini nantinya akan meningkatkan kinerja dari Enero, di mana hari operasional akan lebih panjang yaitu mencapai 300-330 hari/tahun," jelasnya.

Diharapkan, keberadaan 2 boiler baru ini dapat meningkatkan kinerja laba persusahaan ke depan. Adapun pada tahun lalu, Enero telah membukukan laba hingga Rp2,4 miliar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ptpn x, jatim

Editor : Rustam Agus
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup