Jejaring Laundry Anugrah Lima Semesta Ekspansi ke Malang

Perusahaan jejaring laundry, PT Anugrah Lima Semesta, ekspansi ke Malang dengan membuka gerai ke-61 bernama The Daily Wash Laundromat.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 04 Oktober 2019  |  18:28 WIB
Jejaring Laundry Anugrah Lima Semesta Ekspansi ke Malang
Franchise Director PT. Anugrah Lima Semesta Herlambang Prayatno (kiri) pada pembukan The Daily Wash Laundromat, Malang, Jumat (4/10/2019). Bisnis - Choirul Anam

Bisnis.com, MALANG — Perusahaan jejaring laundry, PT Anugrah Lima Semesta, ekspansi ke Malang dengan membuka gerai ke-61 bernama The Daily Wash Laundromat.

Franchise Director PT. Anugrah Lima Semesta Herlambang Prayatno mengatakan gerai laundry di Malang yang beralamat di Jl Sigura-gura No 4. Kav. 2 Kota Malang itu mengusung konsep cepat, efisien, dan sehat.

“Proses cuci kering pakaian cepat hanya 1,5 jam, pakaian dicuci terpisah antar pelanggan, lebih bersih dan sehat karena anti tungau, tungau mati karena dryer panas 90 derajat, harga juga sangat terjangkau,” katanya di Malang, Jumat (4/10/2019).

Laundry diklaim efisien karena tanpa setrika, hanya cuci, kering, dan lipat sehingga bisa menghemat tenaga kerja dan waktu. Di sisi lain, juga sehat karena dryer relatif panas, dan satu mesin cuci untuk satu pelanggan sehingga tidak akan terjadi pakaian hilang, tertukar, maupun luntur.

Dengan lokasi yang dekat kampus, yakni ITN, UIN Malang, UB, dan UMM, kata dia, maka pangsa pasar laundry tersebut menyasar mahasiswa. Layanan laundry cocok mahasiswa karena harga yang kompetitif dan penyelesaiannya cepat.

Investasi untuk membuka usaha tersebut antara Rp450 juta-Rp750 juta, tergantung banyaknya mesin. Investasi sebanyak itu untuk pengadaan mesin dan penataan tempat laundry. Tidak termasuk sewa tempat.

Idealnya, sewa tempat tidak harganya tidak sampai Rp50 juta/tahun. Dia menargetkan, omzet usaha laundry di Jl Sigura-gura mencapai Rp30 juta bulan.

Dengan investasi sebanyak itu, dia memperkirakan, akan balik modal selama 2-3 tahun beroperasi. Karena tanpa menyetrika, meski hasilnya pakaian tetap licin, maka tenaga kerja tidak banyak, hanya dua tenaga kerja.

Pembukaan gerai laundry di Jl. Sigura-gura, merupakan gerai pertama di Malang yang mendapat franchise dari PT Anugerah. “Satu segera dibuka di Kota Malang, di Dinoyo yang juga berada di kawasan kampus,” katanya.

Sampai akhir tahun, PT Anugrah menargetkan dapat membuka 80 gerai. Bahkan bisa berkembang menjadi 100 gerai.

Syarat menjadi mitra PT Anugrah, kata dia, relatif mudah. Paling penting investor bisa bekerja sama dengan franchisor, lokasi strategis yang ditandai arus orang yang tinggi dengan jangkauan layanan setidaknya 1.000 kk.(k24)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Bisnis laundry

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup