Kadin Usulkan Platform Digital Logistik Untuk UMKM

Kadin tahun ini akan mengusulkan platform digital logistik yang terintegrasi untuk menunjang kalangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ingin go internasional.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 13 September 2019  |  18:04 WIB
Kadin Usulkan Platform Digital Logistik Untuk UMKM
Ilustrasi transformasi digital - Flickr

Bisnis.com, SURABAYA – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) tahun ini akan mengusulkan platform digital logistik yang terintegrasi untuk menunjang kalangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ingin go internasional.


Chairman of Regional Invesment Development Kadin, Reza Valdo Maspaitella mengatakan platform tersebut nantinya akan terhubung dengan berbagai instansi berkaitan seperti Bea Cukai serta berbagai jenis perizinan.


“Tahun ini kami akan bawa inisiatif integrated logistic system ini agar UMKM di Indonesia termasuk Jawa Timur yang jadi prioritas bisa tumbuh dan sekaligus dapat menunjang kinerja ekspor kita,” jelasnya, Jumat (13/9/2019).


Dia mengatakan platform digital ini menjadi insiatif yang bisa dikembangkan, menyusul diskusi yang dilakukan Presiden Joko Widodo dengan Jack Ma, bos Alibaba tahun lalu.


Dalam pertemuan itu, mereka membahas tentang talent building untuk e-commerce dan internet di Indonesia. Bagaimana hal ini bisa mendorong anak muda pelaku UKM menangkap kesempatan bisnis dari e-commerce dan internet.


"Dari kerja sama itu, sudah ada 50 digital talent yang telah menembus pasar China melalui Alibaba," imbuhnya.


Reza menambahkan, meski ke depan tantangan global ekonomi semakin besar, tetapi pengusaha harus mampu melihat bagaimana tantangan menjadi kesempatan, termasuk para UMKM agar terus berusaha melihat kesempatan yang ada.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
umkm, kadin, surabaya

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top