OYO Bakal Perkuat Hotel Budget Premium di Surabaya

Operator hotel OYO akan menambah jumlah pengoperasian hotel budget premium bernama Collection 'O Signature di Surabaya setidaknya lebih dari 2 hotel lantaran dianggap memiliki potensi pasar yang cukup besar.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 30 Agustus 2019  |  15:11 WIB
OYO Bakal Perkuat Hotel Budget Premium di Surabaya
Dari kiri -kanan, Hub Head East Java OYO Indonesia Andika, Head of Central Supply Operated Business OYO Indonesia Anneroos Dora dan Owner The Life Styles Surabaya, Budi Patiran saat konferensi pers peresmian hotel Collection 'O 11 The Life Styles Surabaya, Jumat (30/8 - 2019).

Bisnis.com, SURABAYA - Operator hotel OYO akan menambah jumlah pengoperasian hotel budget premium bernama Collection 'O Signature di Surabaya setidaknya lebih dari 2 hotel lantaran dianggap memiliki potensi pasar yang cukup besar.

Head of Central Supply Operated Business OYO Indonesia, Anneroos Dora mengatakan hingga saat ini OYO telah mengoperasikan 10 hotel kategori budget premium atau Collection 'O yang tersebar di 6 kota besar. 

"Di Surabaya, kategori hotel ini baru kami buka di Jl. Sumatera yakni Collection 'O 11 The Life Styles dan rencananya akan ada lagi satu di kawasan barat," katanya saat konferensi pers peresmian Collection 'O 11 The Life Styles Surabaya, Jumat (30/8/2019).

Dia mengatakan dalam mengoperasikan hotel budget premium, OYO akan lebih selektif terutama lokasi hotel mengingat segmen premium ini akan lebih banyak menyasar sebagai hotel bagi pebisnis milenial ataupun korporat.

"Segi lokasi dan fasilitas yang sejajar dengan bintang 3 sangat penting, untuk mengejar market saat ini. Itulah mengapa Collection 'O dipilih di tengah kota, dan tidak harus hotel baru, tapi hotel lama pun bisa kami operasikan," katanya.

Dora menambahkan, potensi hotel dengan keunggulan MICE (meeting, insentive, convention dan exhibition) dinilai masih cukup besar karena Surabaya merupakan kota terbesar kedua setelah Jakarta, dan sudah menjadi pusat bisnis terutama bagi Indonesia Timur.

"Untuk segmen budget premium, ke depan fasilitas MICE nya akan kami tingkatkan," imbuhnya.

Hub Head East Java OYO Indonesia, Andika menambahkan meski jumlah hotel di Surabaya sangat banyak, tapi hingga saat ini pasar di Surabaya masih cukup bagus baik dari segi okupansi maupun harga.

"Industri perhotelan di Surabaya masih oke dengan rata-rata okupansi kita 70%, dan perhotelan masih bisa berkembang karena Surabaya ini sudah jadi kota bisnis," imbuhnya.

Andika menyebutkan, hingga saat ini OYO telah mengoperasikan sebanyak 58 hotel dan 1.598 unit kamar berbagai kategori mulai dari OYO rooms, premium, flagship dan Collection 'O di Surabaya.

"Selama Agustus ini rata-rata pemesanan di Surabaya ada 32.000 pemesanan yang terjadi setiap 1,2 menit," imbuhnya.

Sedangkan secara nasional, lanjutnya, OYO mengoperasikan 850 hotel di 86 kota dengan lebih dari 23.000 kamar sejak diluncurkan tahun lalu hingga saat ini. Rerata kinerja pemesanan per Agustus 2019 mencapai 400.000 pemesanan yang terjadi setiap 0,1 menit.

Owner The Life Styles Surabaya, Budi Patiran menambahkan, untuk membangun hotelnya, Budi menginvestasikan dana Rp40 miliar. Diharapkan, Budi bisa menikmati Break Even Point (BEP) dalam jangka waktu 8 - 10 tahun.

"Dengan dioperasikan OYO, kami berharap okupansinya bagus, kalau bagus mungkin BEP bisa lebih cepat 7 tahun," imbuhnya.

Sebagai gambaran, dalam kerja sama antara pemilik hotel The Life Styles dengan OYO, prosentase pendapatan sebanyak 80% untuk OYO dan 20% untuk pemilik hotel.

Hal ini berdasarkan tugas OYO yang mengoperasikan hotel tersebut secara penuh termasuk dalam biaya operasional, gaji staf, hingga biaya marketing.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
surabaya, OYO Hotels & Homes

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top