Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Listrik Bertenaga Mikrohidro di Bondowoso Bakal Suplai 1.500 KK

PLN telah mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) Sampean Baru, Bondowoso yang bakal menyuplai sekitar 1.500 KK.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 23 Juli 2019  |  18:45 WIB
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro - Ilustrasi/youtube.com
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro - Ilustrasi/youtube.com

Bisnis.com, SURABAYA – PT Perusahan Listrik Negara (Persero) atau PLN telah mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) Sampean Baru, Bondowoso yang bakal menyuplai sekitar 1.500 KK.

General Manager PLN UID Jawa Timur, Bob Saril mengatakan PLTM yang memanfaatkan sumber listrik dari aliran bendungan Desa Sampean Baru ini akan menghasilkan 1,8 MV.

“PLTM ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan listrik bagi warga daerah Tapen, Klabang, Sukosari, Sumberwringin dan Sukorejo Bondowoso setidaknya sekitar 1.500 KK,” katanya dalam rilis, Selasa (23/7/2019).

Dia mengatakan saat ini rasio elektrifikasi di daerah Bondowoso ini masih sekitar 80,50% lebih rendah dari rata-rata nasional yang mencapai 98,56%.

Hal ini disebabkan oleh kondisi geografis wilayah Bondowoso yang berada di sekitar pegunungan dan hutan lindung.

“PLTM ini ada di wilayah kerja PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Situbondo. Jarak tempuh dari Sitobondo ke lokasi PLTM itu sekitar 23 km,” imbuhnya.

Adapun PLTM Sampean Baru ini didukung oleh 2 generator mesin 1 dan 2, dan akan menghasilkan tegangan 6,3 KV, lalu di step up menjadi 20 KV, dan selanjutnya masuk ke jaringan 20 KV Penyulang Syukur.

“Masyarakat Bondowoso juga diimbau untuk bisa memelihara lingkungan mengingat listrik tersebut dihasilkan dari debit air sungai sekitar,” imbuhnya.

Bob menambahkan PLN pun berkomitmen mendukung segala program pembangunan dan investasi industri yang berada di Bondowoso, terlebih kecukupan daya listrik di Jawa Timur mencapai 9.500 MW, sedangkan penggunaanya baru 5.500 MW.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembangkit listrik mikrohidro
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top