Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kayong Utara Galakkan Pariwisata dengan Kapal Pelra

Pemerintah Kabupaten Kayong Utara Kalimantan Barat berencana menggalakkan program pariwisata daerah dengan menggunakan kapal pelayaran rakyat (pelra) pemberian Kementerian Perhubungan.

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara Kalimantan Barat berencana menggalakkan program pariwisata daerah dengan menggunakan kapal pelayaran rakyat (pelra) pemberian Kementerian Perhubungan. 

Bupati Kayong Utara, Citra Duani mengatakan di Kalimantan Barat sangat banyak daerah perairan yang memiliki potensi besar, mulai dari sumber daya ikan dan mutiara serta pulau-pulau kecilnya.

"Ada ratusan pulau di sana, 14 pulau di antaranya berpenghuni dan lainnya tidak berpenghuni, tapi potensi ikan terbesar ada di sana," katanya saat penyerahan kapal pelra dari Kemenhub kepada 12 pemda, Senin (15/4/2019).

Dia mengatakan Kayong Utara sudah 11 tahun ini mengaharapkan memiliki kapal khusus penumpang dan barang untuk menyeberangi pulau-pulau kecil.

Namun hingga saat ini hanya ada satu kapal klotok 15 GT milik masyarakat yang digunakan untuk transportasi ke pulau-pulau.

"Dengan mendapatkan kapal pelra dari Kemenhub ini sangat berarti sekali bagi kami. Kami berharap kami akan mendapatkan 2 unit lagi untuk bisa mengembangkan sektor pariwisata," katanya.

Citra menambahkan, Kayong Utara juga berharap agar memiliki pelabuhan internasional yang bisa diakses lebih dekat dengan Singapura dan Hong Kong.

"Akses pelabuhan internasional akan membantu pengusaha ekspor barang dari Kayong ke luar negeri, sehingga percepatan pembangunan daerah bisa didorong lebih cepat," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper