Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAI Madiun Sediakan Kuota Mudik Gratis 1.582 Sepeda Motor

PT Kereta Api Indonesia (KAI) wilayah Daerah Operasi 7 Madiun menerima pendaftaran sebanyak 1.582 sepeda motor dalam program Angkutan Motor Gratis (Motis) 2019 saat Idul Fitri 1440 Hijriah.
Pemudik Kereta Api (KA) Tegal Ekspres jurusan Jakarta-Tegal tiba di Stasiun Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (17/6)./Antara-Oky Lukmansyah
Pemudik Kereta Api (KA) Tegal Ekspres jurusan Jakarta-Tegal tiba di Stasiun Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (17/6)./Antara-Oky Lukmansyah

Bisnis.com, MADIUN - PT Kereta Api Indonesia (KAI) wilayah Daerah Operasi 7 Madiun menerima pendaftaran sebanyak 1.582 sepeda motor dalam program Angkutan Motor Gratis (Motis) 2019 saat Idul Fitri 1440 Hijriah.

Manajer Humas Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, jumlah tersebut merupakan jumlah sementara yang telah mendaftar untuk pengangkutan tangal 27 Mei-2 Juni 2019 dengan tujuan wilayah Daop 7 Madiun.

"Untuk Motis 2019, sejauh ini di wilayah Daop 7 Madiun yang mendaftar arus mudik sebanyak 1.582 sepeda motor. Rinciannya, tujuan ke Madiun sebanyak 836 motor, Kertosono sebanyak 746 motor, dan Jombang sementara masih nihil," kata Ixfan kepada wartawan di Madiun, Selasa (9/4/2019).

Menurut dia, jumlah tersebut masih bisa bertambah karena program motis berlaku selama masa arus mudik tanggal 27 Mei-2 Juni 2019 dan tanggal 8-13 Juni 2019 pada saat arus balik.

"Total secara nasional jumlah yang dapat diangkut setiap hari adalah 1.392 motor atau rencana total 18.096 unit," kata dia.

Pendaftaran telah dibuka sejak 12 Maret 2019 dan akan berakhir pada 25 Mei 2019. Pendaftaran bisa dilakukan secara "online" di situs mudikgratis.dephub.go.id. Pendaftaran angkutan motis disertai pembelian tiket KA ekonomi komersial dan bersubsidi atau PSO.

Ia menjelaskan, khusus untuk wilayah Daop 7 Madiun, ada dua jalur motis. Yakni, Lintas Selatan 1 melalui Stasiun Jakarta Gudang - Stasiun Kutoarjo, yang melewati Stasiun Lemah Abang, Cimahi, Kiaracondong, Sidareja, Kroya, Gombong, Kebumen, dan Kutoarjo.

Jalur kedua adalah Lintas Selatan 2 melalui Stasiun Jakarta Gudang - Stasiun Surabaya Pasarturi yang melewati Stasiun Jakarta Gudang, Lemah Abang, Cirebon Prujakan, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo.

"Ada juga jalur lintas utara, namun tidak lewat Madiun. Yakni lewat Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Babat, Surabaya Pasarturi," katanya.

Sejauh ini, secara nasional untuk arus mudik telah terdapat 8.659 motor, meliputi jalur lintas utara sebanyak 2.217 motor, jalur lintas selatan 1 sebanyak 3.145 motor, dan lintas selatan 2 sebanyak 3.297 motor.

Kemudian arus balik total telah ada 7.668 motor, terinci lintas utara 1.891 motor, lintas selatan 1 sebanyak 2.930 motor, dan lintas selatan 2 sebanyak 2.847 motor.

Ia menambahkan, program motis merupakan upaya PT KAI untuk mengurangi angka kecelakaan perjalanan darat dengan sepeda motor pada saat arus mudik dan balik Lebaran. Selain itu juga mengurangi kepadatan pada saat Angkutan Lebaran 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper