Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BSN Dorong 4 Komoditas IKM Jatim Punya SNI

BSN mendorong industri skala kecil dan menengah (IKM) khusus makanan dan minuman (mamin), listrik, elektronik, dan alat transportasi di Jawa Timur agar menerapkan SNI melalui Kantor Layanan Teknis (KLT) Surabaya.
Logo BSN. / bsn.go.id
Logo BSN. / bsn.go.id

Bisnis.com, SURABAYA - Badan Standarisasi Nasional (BSN) mendorong industri skala kecil dan menengah (IKM) khusus makanan dan minuman (mamin), listrik, elektronik, dan alat transportasi di Jawa Timur agar menerapkan SNI melalui Kantor Layanan Teknis (KLT) Surabaya.

Kepala KLT Surabaya, Yuniar Wahyudi mengatakan keempat komoditas tersebut yang paling didorong untuk segera memiliki SNI lantaran termasuk produk wajib SNI terkait keselamatan dan keamanan konsumen.

"Keempat produk tersebut harus benar-benar kita kawal karena dampak dari konsumsinya bisa terjadi secara langsung," katanya dalam rilis, Selasa (2/4/2019).

Dia mengatakan keberadaan KLT Surabaya yang tergolong baru ini diharapkan bisa meningkatkan penerapan SNI bagi IKM Jatim.

"Kini layanan SNI kita sudah lebih dekat dengan masyarakat di Surabaya dan lebih luas lagi di Jatim sehingga diharapkan IKM lebih mudah menjangkau aksesnya," imbuhnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim, Drajat Irawan menambahkan selama ini Pemprov Jatim sudah memberikan pendampingan bagi UMKM untuk mendapatkan SNI. 

"Dan sekarang dengan adanya kantor layanan yang lebih dekat ini menjadi nilai tambah dan akan sangat membantu UMKM dalam mendapatkan standarisasi," imbuhnya.

Apalagi, lanjutnya, UMKM di Jatim berkeinginan untuk naik kelas dan bisa menembus pasar ekspor sehingga label SNI pada produknya sangat diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler