Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Kediri Setop Dana Hibah ke Politeknik Kediri

Politeknik Kediri terdapat lebih dari 1.100 mahasiswa yang menempuh pendidikan.
Politeknik Kediri./poltek-kediri.ac.id
Politeknik Kediri./poltek-kediri.ac.id

Bisnis.com, KEDIRI – Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menegaskan bahwa pemerintah setempat tidak lagi memberikan dana hibah ke Politeknik Kediri, Jawa Timur, sehingga pihaknya terus mendorong agar status kampus tersebut menjadi negeri.

"Semula kampus ini didesain untuk menjadi negeri. Waktu kampus ini belum selesai di Kemenristekdikti itu ada moratorium, sehingga terganjalah poltek ini menjadi negeri. Kami terus mencari jalan supaya poltek ini bisa menjadi mandiri, punya daya saing, daya jual," katanya di Kediri, Kamis (10/1/2019).

Ia mengungkapkan, beberapa waktu sebelumnya coba dilakukan pendekatan dengan ITS termasuk Politeknik Negeri Malang untuk mendapat program studi di luar kampus utama (PSDKU). Adanya komunikasi yang baik dengan Politeknik Negeri Malang merupakan embrio yang bagus, sehingga tetap didorong agar bisa bergabung.

Wali Kota mengungkapkan, pemerintah kota memang berangan-angan untuk membangun kampus negeri, sehingga ikut bertanggungjawab dalam pengelolaan Politeknik Kediri tersebut. Sejak 2008 hingga 2019 saat ini terus diupayakan agar tempat pendidikan ini bisa menjadi kampus negeri. Harapannya, ke depan lulusan dari kampus ini bisa semakin siap menghadapi era 4.0.

Sementara itu, Direktur Politeknik Kediri Bambang Soekodiono mengatakan pada 2019 memang kampusnya tidak lagi menerima dana hibah dari Pemkot Kediri. Untuk itu, pihak kampus menyampaikan ke menteri (Menristekdikti) agar SK PSDKU segera diterbitkan.

"Polinema (Politeknik Negeri Malang) sebagai kampus utama siap gantikan dari APBD. Kalau kami dari pemkot (dapat dana hibah) sekitar Rp2 miliar. Ini SK turun, semua kebutuhan operasional ditanggung. SK itu muncul setelah pelimpahan aset disampaikan ke Kemenristekdikti," kata dia.

Ia menambahkan, jika nantinya sudah selesai dan semua administrasi lengkap, 2019 ini bisa direalisasikan untuk PSDKU tersebut. Anggaran untuk Politeknik Kediri juga bisa masuk ke DIPA di Politeknik Negeri Malang. Namun, untuk besarnya saat ini masih menunggu tim dari Politeknik Negeri Malang yang akan menghitung seluruh kebutuhan, termasuk untuk mengembangkan program studi baru.

Bambang mengatakan, di Politeknik Kediri terdapat lebih dari 1.100 mahasiswa yang menempuh pendidikan. Pada penerimaan mahasiswa baru 2018, kampus ini menerima mahasiswa 420 orang di tiga program studi, yakni akuntansi, IT, dan perawatan pemeliharaan mesin.

"Selama PSDKU, Polinema ada beban untuk mengembangkan Kediri. Namun, secara jurusan sudah minimal tiga itu, karena masih baru. Setelah itu silakan dikembangkan, Politeknik Kediri akan membuka jurusan apa, sesuai kebutuhan di Kediri," kata Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper