Surabaya Tambah 10 Bus, Waktu Tunggu Halte jadi 10 Menit

Pemerintah Kota Surabaya menambah lagi armada Suroboyo Bus sebanyak 10 unit untuk memenuhi kebutuhan moda transportasi umum masyarakat Surabaya.
Peni Widarti | 04 Januari 2019 17:10 WIB
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat meluncurkan Suroboyo Bus tahap kedua sebanyak 10 unit di Balai Kota Surabaya, Jumat (4/1/2019). Armada baru ini akan menambah jumlah bus Surabaya menjadi 20 unit yang akan melayani rute Selatan-Utara dan Barat-Timur - Peni Widarti

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya menambah lagi armada Suroboyo Bus sebanyak 10 unit untuk memenuhi kebutuhan moda transportasi umum masyarakat Surabaya.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan 10 unit bus baru bermerek Mercedes itu akan mulai dioperasikan pada minggu depan. Sehingga total bus yang dimiliki pemkot kini berjumlah 20 unit.

"Ini merupakan tahap kedua (investasi bus). Mudah-mudahan bukan untuk sekedar liburan warga tapi juga menjadi moda transportasi masyarakat untuk berangkat kerja maupun sekolah," ujarnya saat peluncuran Suroboyo Bus tahap kedua, Jumat (4/1/2019).

Dia memastikan bus yang dioperasikan pemkot ini sangat aman dan nyaman karena dilengkapi dengan kamera CCTV, termasuk ada pemisahan tempat duduk untuk penumpang laki-laki dan perempuan.

"Kalau sebelumnya waktu tunggu bus di halte itu 20 menit, sekarang bisa diperpendek menjadi 10 menit saja karena jumlah armadanya bertambah. Kalau dari barat ke timur, utara ke selatan bisa terkoneksi dengan baik, maka tidak ada alasan, kita tidak beralih naik bus," jelasnya.

Risma menegaskan, kalau tidak ingin Kota Surabaya bertambah macet, masyarakat diimbau untuk menggunakan bus ini untuk beraktivitas. Bahkan, Suroboyo Bus tetap menggunakan sistem pembayaran sampah botol plastik guna mendidik masyarakat akan kepedulian lingkungan.

"Bus ini bisa mengurai kemacetan, jadi kita harus bantu mengurangi macet. Ini juga akan menghindari kecelakaan-kecelakaan di jalan karena setiap hari ada laporan di kota ini ada 10 kasus kecelakaan per hari," ujarnya.

Adapun, sebelumnya Pemkot Surabaya mendatangkan 8 unit bus, dan ditambah 2 unit bus tingkat yang merupakan sumbangan dari Bank Mayapada. Kehadiran 10 unit bus baru tahun ini menambah jumlah Suroboyo Bus menjadi 20 unit.

Rencananya, dari 10 bus baru ini akan digunakan untuk menambah armada di rute Utara - Selatan sebanyak 3 unit. Sedangkan 7 unit lainnya untuk menambah armada di rute Barat - Timur.

"Kalau misalnya dari barat ingin ke utara, ya kita bisa naik bus dari barat lalu turun di halte tengah kota yang juga akan dilewati bus rute bus Selatan - Utara," imbuh Risma.

Tag : surabaya, armada bus
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top