Layanan Kapal Pelindo III Dipusatkan di POCC

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mulai memusatkan layanan kapal pelabuhan Tanjung Perak di Port Operation Command Centre (POCC) di lingkungan Pelindo III Surabaya.
Peni Widarti | 29 November 2018 19:03 WIB
Kapal kargo melego jangkar di Selat Madura, Surabaya, Jawa Timur. - Antara/Didik Suhartono

Bisnis.com, SURABAYA – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mulai memusatkan layanan kapal pelabuhan Tanjung Perak di Port Operation Command Centre (POCC) di lingkungan Pelindo III Surabaya.

Humas Pelindo III Regional Jatim Wilis Aji menjelaskan POCC merupakan pusat komando kegiatan pelayanan kapal dan bongkar muat di pelabuhan yang dikelola oleh PT Pelindo III dan mulai resmi disosialisikan kepada para pengguna jasa pelabuhan.

“Latar belakang dibentuknya POCC ini karena kondisi pelayanan selama ini masih parsial, dalam arti setiap terminal mengatur proses bisnis pelayanan kapal dan bongkar muat secara terpisah," katanya dalam rilis, Kamis (29/11/2018).

Dia menjelaskan di Pelabuhan Tanjung Perak sendiri saat ini ada empat lokasi terminal yaitu Kalimas, Mirah, Nilam, dan Jamrud yang memiliki karakter dan jenis pelayanan yang berbeda. Belum lagi untuk pelayanan kapal, yang terpusat di Pelabuhan Tanjung Perak.

"Selain empat terminal tersebut, kami juga memproses sandar kapal di terminal Berlian yang dioperasikan oleh PT BJTI, Terminal Petikemas Surabaya, Terminal Teluk Lamong hingga Gresik," imbuhnya.

Wilis menerangkan, dahulu agen kapal harus menghubungi beberapa bagian yang ada di pelabuhan seperti divisi pelayanan kapal, hingga ke masing-masing terminal untuk memproses kegiatan yang diinginkan sehingga membutuhkan waktu dan tenaga.

Semua kini akan diproses di POCC yang berlokasi di gedung kantor Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) Pelabuhan Tanjung Perak yang dilengkapi dengan fasilitas yang memungkinkan semua kegiatan di Pelabuhan Tanjung Perak hingga Gresik terpantau.

Koordinasi antarterminal juga lebih mudah karena para pengambil keputusan dalam pelayanan terminal ada di satu ruangan dan sistemnya sudah terintegrasi antara sistem internal (TOS, Vasa, Anjungan, dll) serta dengan sistem eksternal (Inaportnet).

“Sekarang, semua pelayanan jasa kapal di Pelabuhan Tanjung Perak mulai dari perencanaan hingga pengendalian bongkar muat kapal dipusatkan di satu lokasi di POCC," imbuh Wilis.

Ismartadianto, Senior Vice President Change Management Pelindo III pencetus POCC menambahkan POCC merupakan salah satu terobosan baru di dunia kepelabuhanan bahkan pertama kali di Indonesia.

"POCC ini dikembangkan sejak April lalu dan disimulasilakan 22 Oktober. Rencananya POCC ini akan di implementasikan secara penuh pada 5 Desember 2018 dan diharapkan dapat direalisasi untuk seluruh regional yang dikelola Pelindo III pada awal 2019," jelasnya.

Adapun dari hasil simulasi selama satu bulan menunjukkan hasil yang baik yakni waktu penerbitan tagihan dari September membutuhkan waktu hingga 6.73 hari, pada November cukup memangkas waktu hingga 0.37 hari.

Tag : pelindo iii
Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top