Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BCA Luncurkan Gerakan Buku Wayang untuk Indonesia

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) meluncurkan Gerakan Buku Wayang untuk Indonesia sebagai bentuk komitmenuntuk melestarikan wayang sebagai kebudayaan Indonesia yang sarat akan nilai moral.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 19 Juli 2018  |  19:05 WIB
BCA Luncurkan Gerakan Buku Wayang untuk Indonesia
Kepala Pendukung Operasi Wilayah VII BCA Edy Susanto (keempat kiri) bersama Sekretaris Umum Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (Sena Wangi) Sumari (kedua kiri), Penulis Novel Wayang Pitoyo Amrih (ketiga kiri), Dekan Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Utami Widiati (keempat kanan), Seniman dan Penulis Buku Sujiwo Sutejo (ketiga kanan) di sela peluncuran Gerakan Buku Wayang Untuk Indonesia di Malang, Sabtu (7/7 - 2018). Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, MALANG-- PT Bank Central Asia Tbk (BCA) meluncurkan Gerakan Buku Wayang untuk Indonesia sebagai bentuk komitmenuntuk melestarikan wayang sebagai kebudayaan Indonesia yang sarat akan nilai moral.

Kepala Kantor Wilayah VII BCA Djoko R Mijaata mengatakan bekerjasama dengan komunitas Paguyuban Karyawan BCA Pecinta Wayang Indonesia (Asia Wangi), BCA membagikan buku–buku wayang kepada sekolah–sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia melalui Gerakan Buku Wayang Untuk Indonesia “Wayang Dalam Buku, Tak Kenal Maka Tak Wayang”.

“BCA mencermati bahwa seni wayang merupakan salah satu identitas bangsa Indonesia yang waktu demi waktu harus terus dikelola menjadi seni yang dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat Indonesia, termasuk anak muda Indonesia,” katanya dalam keterangan resminya, Kamis (19/7/2018).

Menurut dia, BCA tidak pernah berhenti berupaya untuk membangkitkan kembali kepedulian masyarakat, khususnya para generasi muda untuk kembali menikmati wayang.

Peluncuran kali ini dikemas BCA bersama Asia Wangi dengan membagikan buku pengetahuan tentang wayang, sejarah wayang, tokoh-tokoh dan karakternya, komik, novel, bahkan cerita kehidupan sehari-hari yang dianalogikan dengan tokoh wayang kepada 14 sekolah dan dua universitas di berbagai daerah.

Selain membagikan buku, di kesempatan yang sama BCA menggelar acara seminar dan pertunjukan Wayang Topeng Malang. Seminar ini diisi oleh tiga narasumber di bidang Seni dan Budaya antara lain Sumari, Sujiwo Sutejo, dan Pitoyo Amrih.

Gerakan kali ini juga menampilkan pertunjukkan Wayang Topeng yang digelar pada malam harinya di dusun Kedungmonggo dan dipentaskan oleh Padepokan Asmorobangun.

Gerakan Buku Wayang Untuk Indonesia ini bertujuan untuk mengajak generasi muda mengenal budaya bangsa khususnya Wayang di Indonesia sekaligus meningkatkan minat baca generasi muda sebagai bahan wawasan, pengetahuan dan kosakata, khususnya tentang wayang Indonesia.

“Beragam kegiatan yang berhubungan dengan wayang ini kami adakan guna mendapatkan informasi lebih dalam mengenai seni wayang sehingga BCA dapat turut mendorong generasi muda Indonesia untuk melestarikan budaya wayang Indonesia,” katanya.

BCA , di tengah modernisasi saat ini, seni budaya Indonesia seperti wayang mulai sedikit dikenali terutama oleh generasi muda. Karenanya, BCA berupaya untuk menghadirkan aktivitas-aktivitas yang mendekatkan wayang dengan masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda.

“Melalui gerakan ini, diharapkan meningkatkan minat generasi muda untuk menambah wawasan, pengetahuan tentang wayang agar dapat lebih mengenal, mencintai, dan tergerak untuk melestarikan budaya bangsa yang telah diakui dunia ini,” ucap Djoko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bca wayang
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top