Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profesi Koki Tumbuh Pesat Beberapa Tahun Terakhir

Pertumbuhan jumlah profesi chef atau koki di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini rerata mencapai 20% per tahun seiring dengan berkembangnya industri perhotelan dan restoran.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, SURABAYA - Pertumbuhan jumlah profesi chef atau koki di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini rerata mencapai 20% per tahun seiring dengan berkembangnya industri perhotelan dan restoran.

Sekretaris Jenderal Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI), Hendra Utomo atau Chef Hugo mengatakan hingga saat ini secara nasional tercatat ada sekitar 5.000 chef, dan yang sudah terdaftar menjadi anggota PCPI baru 3.500 orang.

"Di sekolah kami di Universitas Ciputra dulu hanya ada 2 kelas untuk profesi ini, tapi sekarang bertambah jadi 3 kelas. Jadi minat orang untuk bekerja di bidang ini berkembang. Selain itu kita dapat dukungan Presiden Jokowi yang mendorong pendidikan vokasional yang langsung bisa praktik kerja supaya Indonesia punya skill dan bersaing dengan SDM asing," jelasnya di sela-sela konferensi pers Indonesia Chef Expo, Senin (26/3/2018).

Dia mengatakan meski pertumbuhan profesi tersebut cukup bagus tetapi sayangnya tidak diimbangi oleh adanya sertifikasi khusus keahlian bagi setiap chef. PCPI sendiri saat ini sedang membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi - Kuliner Indonesia (LSP-KI) di bawah Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

"Selama ini profesi chef belum punya sertifikasi yang spesifik atau hanya profesi secara umum melalui Kementerian Pariwisata. Kalau yang spesifik misalnya chef A punya keahlian dalam membuat produk western food, Japanesse food atapun secara level keahlian," jelasnya.

Ketua Umum PCPI, Bambang Nurianto mengatakan saat ini PCPI sedang menyusun tim yang secara khusus mengurus sertifikasi. Ditargetkan setidaknya dalam 5 tahun ini ada 5.000 orang chef bisa tersertifikasi.

"Kami juga ingin melalukan sertifikasi makanan khas daerah agar tidak mudah diambil negara lain. Target kami dalam 5 tahun ada 30-50 menu masakan daerah bisa punya sertifikasi. Kami gandeng Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung karena mereka cukup intens melakukan kajian," jelasnya.

PCPI sendiri berencana menggelar Indonesia Chef Expo 2018 yang bakal diadakan di Supermal Convention Center Pakuwon Mall Surabaya pada 4-6 Mei 2018. Expo tersebut digelar untuk menggairahkan profesi chef di Indonesia dan juga menguatkan jenis-jenis masakan nusantara yang ada beberapa hampir punah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper