Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri Elektronik Hadapi Pergeseran Preferensi Konsumen

Preferensi peralihan minat masyarakat dari sistem konvensional ke sistem baru yang mengandalkan teknologi menjadi pemicu terjadinya pasar elektronik yang stagnan.

Bisnis.com, MALANG—Preferensi peralihan minat masyarakat dari sistem konvensional ke sistem baru yang mengandalkan teknologi menjadi pemicu terjadinya pasar elektronik yang stagnan, selain faktor pertumbuhan ekonomi yang melambat.

National Sales Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) Andri Adi Utomo mengatakan di tengah situasi yang penuh tantangan tersebut, SHARP justru secara stabil mampu menunjukan kemampuanya dalam mempertahankan pasar dengan menunjukan kenaikan pangsa pasarnya sekitar 3%.

“Keberhasilan dalam mencapai pangsa pasar nomor satu di Indonesia tidak hanya dirasakan oleh kategori produk seperti mesin cuci dan kulkas yang telah berada di posisi ini sejak lama,” katanya dalam keterangan resminya, Senin (12/3/2018).’
Bahkan, prestasi SHARP dalam menguasai pangsa pasar juga ditorehkan oleh dua kategori produk lainnya yaitu AC dan LED TV sejak Desember 2017 lalu.

Pangsa pasar SHARP yang terus tumbuh ini, menurut dia, didukung oleh kemampuannya untuk terus mengikuti perkembangan zaman dan menguatkan inovasi teknologi benamannya.

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang meningkat tajam hingga 132,7 juta orang dengan rata-rata penggunaan mencapai delapan jam per hari, dimanfaatkan Sharp dengan menelurkan inovasi berbasis internet yang dikenal dengan IoT atau Internet of Things.

PT SEID melalui arahan SHARP Corporationpun siap berkompetisi dan mengembangkan lebih banyak produk IoT di era digital. “Kami harus selalu adaptif dengan dinamika konsumen saat ini yang cepat sekali dalam menggunakan internet,” katanya.

Menurut dia, sebagai salah satu pionir yang terus menerus mengeluarkan produk dengan one-of-a-kind-technology akan berupaya menghasilkan produk canggih lainnya. Yang tak kalah penting, juga akan terus memberi edukasi yang tepat, sehingga teknologi ini bisa diadopsi dan dimanfaatkan dengan baik oleh konsumen.

Langkah awal Sharp untuk mengawali IoT telah dimulai dengan hadirnya SHARP Cocorobo atau vacuum pintar elektronik yang diperkenalkan pada 2012. Mengandalkan teknologi digital, Cocorobo yang dilengkapi built-in camera ini semakin canggih berkat kemampuannya untuk terkoneksi dengan wi-fi router dan smartphone.

Dengan demikian, konsumen dapat dengan mudah mengecek kondisi temperatur ruangan lewat kamera pada Cocorobo hingga mengoperasikannya hanya melalui ponsel.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper