Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Garap Infrastruktur di Daerah, Pelindo III Berkongsi dengan Swasta

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menjalin kerja sama dengan tiga perusahaan swasta guna mendukung pembangunan ekonomi di daerah.

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menjalin kerja sama dengan tiga perusahaan swasta guna mendukung pembangunan ekonomi di daerah. Kerja sama dilakukan dalam bentuk penyediaan jasa kepelabuhan dan pembangunan infrastruktur pelabuhan.

Tiga perusahaan yang digandeng III yakni PT Muria Sumba Manis (Grup Djarum), PT Sriboga Flour Mill (Grup Sriboga), dan PT Indonesia Bulk Terminal (Grup Adaro). Penandatanganan nota kerja sama ditekan di Jakarta, Senin (12/3/2018).

Ari Askhara, Direktur Utama Pelindo III menjelaskan, kerja sama dengan Muria Sumba Manis terkait dengan penyediaan fasilitas dan pelayanan jasa kepelabuhanan untuk pembangunan perkebunan tebu dan pabrik gula di Waingapu, salah satu daerah yang masuk wilayah kerja perseroan.

‎Pada proyek perkebunan tebu dan pabrik gula ini, kapal akan sandar di Pelabuhan Waingapu dan proses bongkar muat dan penumpukan akan ditangani oleh Pelindo III.

“Kami tidak hanya menjalankan bisnis dengan mengoptimalkan aset Pelabuhan, tapi juga ada semangat besar untuk turut mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi kawasan timur Indonesia," terang Ari di Jakarta, Senin (12/3/2018).

Dalam kerja sama dengan Sriboga, Ari menyebut Sriboga akan mendapatkan hak pengelolaan dua bidang tanah sekitar 4 hektare untuk membangun terminal curah kering-food grain. Kerja sama dilakukan dengan skema BTO (build-transfer-operate). Modal untuk unvestasi terminal berasal dari Pelindo III sebesar 30% dan 70% dari Sriboga.

Pelindo III meneken perjanjian pendahuluan dengan PT Indonesia Bulk Terminal, anak usaha PT Adaro Energy Tbk. Dua perusahaan ini berniat membentuk perusahaan patungan untuk membangun pelabuhan di kawasan ekonomi khusus Mekar Putih, Kalimantan Selatan.

"Kerja sama ini untuk mengembangan Pelabuhan Mekar Putih sebagai pusat pelabuhan penghubung yang strategis dan terminal curah yang menangani barang-barang curah kering dan curah cair serta komoditas lainnya," pungkas Ari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler