Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Empat Ruas Tol Beroperasi Juni, Termasuk di Jawa Timur

Sebanyak empat ruas tol Trans Jawa di Jawa Tengah dan Jawa Timur ditargetkan sudah dapat memulai operasionalnya pada Juni 2018 sehingga dapat dipakai secara fungsional untuk aktivitas mudik Lebaran tahun ini.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak empat ruas tol Trans Jawa di Jawa Tengah dan Jawa Timur ditargetkan sudah dapat memulai operasionalnya pada Juni 2018 sehingga dapat dipakai secara fungsional untuk aktivitas mudik Lebaran tahun ini.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono mengatakan sebagian besar ruas tol Trans Jawa dapat mulai digunakan pada Juni sedangkan peresmian ruas lainnya dilakukan setelah Juni.

“Ada beberapa yang siap Juni, ada juga setelahnya,” katanya akhir pekan lalu.

Berdasarkan data Kementerian PUPR yang diterima Bisnis, keempat ruas tersebut yakni ruas tol Solo—Ngawi, Ngawi—Kertosono, Pejagan—Pemalang dan Batang—Semarang.

Rincinya, sebanyak sembilan seksi ruas tol Trans Jawa rencananya akan diresmikan pada Maret dan lima seksi ruas tol sisanya akan diresmikan operasionalnya pada Juni.

Ruas tol Solo—Ngawi memiliki panjang hingga 90,43 km dengan biaya investasi mencapai Rp11,34 triliun. Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pada ruas ini dipegang oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. sebesar 60% kurang 1 saham, PT Waskita Toll Road sebesar 40%, dan PT Ferino Putra senilai 1 saham.

Adapun, ruas tol Ngawi—Kertosono sepanjang 87,02 km dipegang oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. sebesar 60% kurang 1 saham, PT Waskita Toll Road sebesar 40%, dan PT Ferino Putra senilai 1 saham.

Adapun, ruas tol Pejagan-Pemalang sepanjang 57,5 km dimiliki oleh PT Waskita MNC Transjawa Toll Road sebesar 99,9% dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. sebesar 0,01%. Biaya investasi pada ruas tol ini mencapai Rp6,84 triliun.

Ruas tol Batang—Semarang memiliki panjang 75 km dengan biaya investasi Rp11,05 triliun. Ruas tol tersebut dipegang oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. sebesar 60% dan PT Waskita Toll Road sebesar 40%.

Sementara itu, rencananya ruas tol Pemalang—Batang baru akan diresmikan pada Juli. Adapun, ruas Pandaan—Malang diharapkan dapat beroperasional pada Desember 2018.

“Tetap Trans Jawa Insyaallah harus beroperasi semua 100%, dari Jakarta sampai ke Boyolali,” lanjut Basoeki.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper