Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Operasi Pasar di Madiun Hanya Bisa Tahan Harga

Sejumlah pedagang di Pasar Besar Kota Madiun, Jawa Timur, menilai operasi pasar yang dilakukan Badan Urusan Logistik Madiun sejak awal Januari 2018 belum mampu menurunkan harga beras di pasaran secara signifikan.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, MADIUN—Sejumlah pedagang di Pasar Besar Kota Madiun, Jawa Timur, menilai operasi pasar yang dilakukan Badan Urusan Logistik Madiun sejak awal Januari 2018 belum mampu menurunkan harga beras di pasaran secara signifikan.

Pedagang toko kelontong di Pasar Besar Madiun, Budiono, Selasa (23/1/2018), mengatakan harga beras medium jenis IR 64 saat ini masih berkisar Rp11.000 hingga Rp12.000 per kilogram. Padahal harga normalnya mencapai Rp8.500 hingga Rp9.000 per kilogram.

"Belum ada penurunan. Harga beras yang kualitas biasa masih Rp11.000 per kilogram. Bahkan ada yang eceran dijual hingga Rp12.000 per kilogram," ujar Budiono kepada wartawan.

Menurut dia, harga beras medium yang mencapai Rp11.000 hingga Rp12.000 per kilogram tersebut hampir sama dengan harga beras premium yang mencapai Rp12.000 hingga Rp13.000 per kilogram.

Pihaknya tidak terlalu paham alasan tingginya harga beras selama hampir dua bulan terakhir tersebut. Hanya saja, permintaan beras memang cukup banyak terlebih saat mendekati momentum hari raya Natal dan tahun baru lalu.

Para pedagang berharap harga beras dapat segera turun dan normal kembali sehingga tidak memberatkan para konsumen dan pedagang sendiri.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan Kota Madiun Gaguk Hariyono mengklaim operasi pasar beras yang telah dilakukan mulai berdampak meski belum menurunkan harga.

"Tentu saja berpengaruh. Paling tidak, harga bertahan dan tidak terjadi lonjakan lagi," kata Gaguk saat dihubungi.

Pihaknya yakin, dengan operasi pasar dan musim panen petani yang akan segera tiba, dapat menurunkan harga beras di pasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper