PILGUB JATIM 2018: Surat Suara Tiba di TPS Dini Hari

Oleh: Peni Widarti 25 Juni 2018 | 15:55 WIB
PILGUB JATIM 2018: Surat Suara Tiba di TPS Dini Hari
Anggota KPUD Sidoarjo menata logistik Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur provinsi Jawa Timur di gudang logistik KPUD Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (20/6). Menjelang hari pemungutan suara, seluruh logistik Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim siap didistribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan yang selanjutnya di bawa ke sejumlah TPS./Antara

Bisnis.com, SURABAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menyatakan distribusi surat suara di sejumlah daerah akan tiba tepat pada saat pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jatim 27 Juni 2018, Rabu (27/6/2018).

Komisioner Divisi Umum Keuangan dan Logistik KPU Jatim, Dewita Hayu Shinta mengatakan hingga saat ini proses distribusi surat suara Pilkada Jatim sedang berlangsung. Khusus daerah kepulauan di Jatim seperti Madura dan Pulau Bawean sudah lebih dulu dilakukan sejak pekan lalu.

“Daerah kepulauan merupakan daerah yang rawan geografisnya sehingga kita kirimkan lebih cepat agat tidak terlambat datangnya. Seperti di Sumenep sudah sampai sejak Kamis (21/6/2018), dan Bawean Gresik sudah Rabu (20/6/2018), sudah terkirim semua,” jelasnya saat ditemui Bisnis di Kantow KPU Jatim, Senin (25/6/2018).

Dia menjelaskan, sedangkan untuk daerah kota/kabupaten lainnya bakal tiba pada dini hari 27 Juni 2018 tepat pada hari H pilkada sebagai upaya mejaga kemanan surat suara.

“Sesuai dengan kebijakan beberapa kota/kabupaten, mereka memang minta agar surat suara tiba di Tempat Pemungutan Suara (TPS) mendekati jam pemilhan agar aman,” katanya.

Dewita menambahkan jumlah pemilih yang telah terdaftar di KPU Jatim dalam pilkada tahun ini sebanyak 30.155.719 orang pemilih, sekitar 10% an di antaranya merupakan pemilih pemula.

KPU Jatim pun menargetkan tingkat partisipasi dalam pilkada mencapai 77,5%.

“Pasca-Lebaran kemarin seharusnya menjadi kesempatan bagi warga yang mau mengurus pindah pilih di kota tempat tinggalnya. Jadi saat mereka kembali seusai mudik mereka tetap bisa menggunakan hak pilihnya,” imbuhnya.

 

Editor: Nancy Junita

Berita Terkini Lainnya