Pilpres Dua Putaran Masih Mungkin Terjadi, Ini Analisa Pakar

Prinsip-prinsip Luberjurdil yang paling penting. Sebab demokrasi artinya adalah kekuasaan di tangan rakyat, atau rule by the people.
Pemilih WNI berdomisili luar negeri memeriksa surat suara yang akan dicoblos pada pemilu di Kedutaan Republik Indonesia di Sofia, Bulgaria, Sabtu (10/2/2024)/Antara
Pemilih WNI berdomisili luar negeri memeriksa surat suara yang akan dicoblos pada pemilu di Kedutaan Republik Indonesia di Sofia, Bulgaria, Sabtu (10/2/2024)/Antara

Bisnis.com, MALANG — Pilpres 2024 masih mungkin terjadi dua putaran meski hasil survei menyebutkan suara dari pasangan Prabowo-Gibran relatif tinggi.

Dosen Ilmu Politik FISIP Universitas Brawijaya, Wawan Sobari, mengatakan berdasarkan survei terakhir yang dilakukan oleh Indikator Politik dan Poltracking, hasil yang diperoleh pasangan calon 02 berkisar di angka 49,4%-54,2% serta 48,8%-54,6%. 

“Artinya masih ada kemungkinan margin of error itu di bawah 50% masih ada. Ya, meskipun memang tren dari pasangan 02 ini cenderung naik. Namun pasangan 01 juga cenderung naik,” ucapnya, Selasa (13/2/2024). 

Namun sisi lain, secara statistik memang keteguhan pilihan terhadap pasangan 02 relatif tinggi. 

“Jadi, di atas 87% mereka tidak akan mengubah pilihannya tapi hasil survei itu menunjukkan kalau posisinya belum bisa dipastikan,” ungkap alumni ISS Den Haag Belanda ini.

“Artinya, kalau tadi ada orang yang memilih pasangan 02 itu tidak akan mengubah pilihan, tetap teguh pada pilihannya tapi jumlahnya kurang dari 100%. Nah bisa diartikan potensi mereka untuk berubah pilihan masih ada,” ujarnya.

Meski demikian, Wawan Sobari juga menganggap belum tentu Pilpres akan terjadi dua putaran melihat hasil survei yang sudah dirilis.

Dia justru lebih menyoroti penggiringan opini soal Pilpres satu putaran untuk menghemat anggaran. “Yang paling penting dan dikhawatirkan sebenarnya adalah ada upaya untuk menggiring opini bahwa pemilu ini cukup dibuat satu putaran untuk menghemat anggaran. Itu yang saya tidak setuju ya,” paparnya. 

Menurut dia, anggaran Pemilu sudah dipersiapkan sebelumnya. Kemudian misalkan Pemilu satu putaran karena alasan penghematan sekitar Rp12 triliun-Rp15 triliun, belum tentu juga signifikan terhadap kesejahteraan rakyat.

“Jadi dana sisa karena pilpres satu putaran itu anggaran yang seharusnya untuk dua putaran itu direalokasikan untuk yang produktif atau yang sifatnya untuk mensejahterakan rakyat? Jawabannya, kita tidak bisa mendapat jaminan itu,” paparnya. 

Alumni Flinders University of South Australia ini menganggap satu putaran atau dua putaran jangan dilihat dalam konteks penghematan anggaran. 

“Jadi seolah-olah berkata demikian ya sudahlah satu putaran saja kemudian biar nanti pemilu anggarannya lebih sedikit, ada penghematan. Itu yang menurut saya tidak tepat,” ujarnya.

Yang harus dilihat dari proses Pemilu, menurut Wawan, yakni nilai-nilai demokrasi, nilai kebebasan sipil, nilai partisipasi politik, nilai kinerja lembaga public dan juga kepastian hukum berjalan dengan Luberjurdil.

“Kalau saya sih sebenarnya berharap satu putaran atau dua putaran itu rakyat yang memutuskan, selama Pemilu-nya itu Luberjurdil,” tegasnya. 

Bagi Wawan Sobari, prinsip-prinsip Luberjurdil yang paling penting. Sebab demokrasi artinya adalah kekuasaan di tangan rakyat, atau rule by the people

“Rakyat yang berada di sentral kekuasaan, dan Pemilu adalah ajang kedaulatan rakyat. Jangan sampai kemudian rakyat yang berdaulat, dinodai ulah-ulah elit penguasa yang menginginkan kemenangan dengan cara-cara yang tidak fair atau tidak Luberjurdil,” tegasnya. 

Untuk diketahui, Pemilu 2024 tidak hanya memilih Presiden dan Wakil Presiden saja tapi juga DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper