Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Nataru, KAI Daop 8 Tambah 6 Kereta Api Jarak Jauh

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya akan menambah operasional 6 kereta api (KA) jarak jauh pada periode Angkutan Natal dan Tahun Baru.
Suasana Stasiun Gubeng Surabaya./Dok. KAI Daop 8
Suasana Stasiun Gubeng Surabaya./Dok. KAI Daop 8

Bisnis.com, SURABAYA — PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya akan menambah operasional 6 kereta api (KA) jarak jauh pada periode Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 2023-2024). 

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengatakan penambahan operasional KA tersebut dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di momen liburan akhir tahun.

“Penambahan operasional KA itu sudah bisa dibeli tiketnya sejak 29 November 2023 melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan seluruh channel penjualan online resmi lainnya,” katanya, Kamis (30/11/2023).

Dia memaparkan, secara total KAI Daop 8 menambah 63.720 tempat duduk KA jarak jauh. Kereta api tambahan tersebut tersedia untuk perjalanan tujuan favorit seperti Yogyakarta, Bandung, Jakarta, dan lainnya. Sehingga secara total terdapat 50 perjalanan KA yang berangkat dari wilayah KAI Daop 8 Surabaya selama periode Nataru 2023/2024. 

“KAI menambah beberapa perjalanan di berbagai rute dan kelas untuk mengakomodir minat masyarakat menggunakan kereta api pada momen Nataru. Penambahan ini juga menunjukkan kesiapan KAI dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan yang ingin melakukan perjalanan di masa Nataru,” imbuhnya.

Adapun daftar KA tambahan untuk periode Nataru yang berangkat dari stasiun di wilayah Daop 8 Surabaya di antaranya keberangkatan dari Stasiun Surabaya 

Pasarturi (KA Sembrani tujuan Gambir, keberangkatan pukul 05.45 WIB dan KA Kertajaya tujuan Pasarsenen pukul 20.40 WIB.

Selanjutnya, keberangkatan Surabaya Gubeng (KA Sgu-Kac tujuan Kiaracondong, keberangkatan pukul 07.35 WIB dan KA Sancaka tujuan Yogyakarta, keberangkatan pukul 22.00 WIB.

Sedangkan keberangkatan dari Malang ada KA Gajayana tujuan Gambir, keberangkatan pukul 18.10 WIB dan KA Malioboro Ekspres tujuan Purwokerto, keberangkatan pukul 21.10 WIB.

KAI mencatat ada sebanyak 82.566 tiket kereta api jarak jauh sudah terjual atau 18% dari tiket yang disediakan yakni 455.382 tiket. Periode Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) pun dimulai pada 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

KA yang menjadi favorit untuk Angkutan Nataru diantaranya KA Probowangi relasi Surabaya Gubeng - Ketapang, KA Malabar relasi Malang - Bandung, KA Jayabaya relasi Malang - Surabaya - Pasarsenen, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper