Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Volume Penumpang Commuter Line Surabaya Naik 25 Persen

PT Kereta Api Indonesia (KAI) wilayah 8 Surabaya mencatatkan adanya tren kenaikan volume penumpang kereta Commuter Line hingga 25 persen selama libur sekolah.
Suasana salah satu stasiun kereta api yang dioperasikan KAI Daop 8 Surabaya./Dok. KAI
Suasana salah satu stasiun kereta api yang dioperasikan KAI Daop 8 Surabaya./Dok. KAI

Bisnis.com, SURABAYA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) wilayah 8 Surabaya mencatatkan adanya tren kenaikan volume penumpang kereta commuter line hingga 25 persen selama momen libur sekolah.

Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba mengatakan selama 1 - 16 Juli 2023 yang merupakan sebagian momen libur sekolah ini, KAI Commuter melayani sebanyak 739.638 penumpang atau jika dirata-rata setiap harinya ada 46.227 penumpang yang naik commuter line Wilayah 8 Surabaya. 

“Jika dibandingkan dengan periode tanggal yang sama pada bulan sebelumnya atau Juni 2023, terdapat peningkatan sebanyak 148.195 penumpang,” katanya, Selasa (18/7/2023).

Adapun stasiun-stasiun dengan pengguna yang terbanyak selama masa libur sekolah antara lain Stasiun Surabaya Gubeng sebanyak 86.877 pengguna, Stasiun Wonokromo 65.648 pengguna, Stasiun Malang 51.944 pengguna, Stasiun Surabaya Pasar Turi 40.902 pengguna, dan Stasiun Sidoarjo 40.759 pengguna.

Dia menambahkan, KAI Commuter juga melakukan evaluasi dari masukan dan kebutuhan pengguna sejak pemberlakuan Gapeka 2023. Hasil dari evaluasi tersebut, mulai 15 Juli 2023 khusus pelayanan perjalanan commuter line Dhoho dan commuter line Penataran, KAI commuter telah melakukan perubahan pola operasi perjalanannya.

“Pola operasi ini, memungkinkan pengguna commuter line Dhoho dan Commuter Line Penataran untuk tidak melakukan transit di Stasiun Blitar, dan pengguna bisa langsung melanjutkan perjalanannya dengan pola meneruskan perjalanan dengan satu perjalanan kereta,” jelasnya. 

Pola ini dilakukan dengan mengoperasikan 3 perjalanan commuter line Dhoho-Penataran relasi Surabaya-Kertosono-Blitar Malang-Surabaya PP, dan 4 perjalanan commuter line Penataran relasi Surabaya-Malang-Blitar PP, serta 5 perjalanan Commuter Line Dhoho Surabaya-Kertosono-Blitar PP.  

Sementara itu volume pengguna di 3 stasiun reaktivasi yaitu Stasiun Ngujang, Stasiun Purwoasri dan Stasiun Pakisaji juga mengalami peningkatan selama masa libur sekolah. 

“Stasiun Pakisaji melayani 932 pengguna, Stasiun Purwoasri melayani 1.117 pengguna dan Stasiun Ngujang melayani 977 pengguna,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler