Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Buruan Daftar, Mudik Gratis Jatim Disiapkan 161 Armada Bus

Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali menyediakan fasilitas mudik gratis bagi masyarakat dengan menyiapkan sebanyak 161 armada.
Ilustrasi program mudik gratis Pemprov Jatim./Dok. Pemprov Jatim
Ilustrasi program mudik gratis Pemprov Jatim./Dok. Pemprov Jatim

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali menyediakan fasilitas mudik gratis bagi masyarakat dengan menyiapkan sebanyak 161 armada bus yang akan diberangkatkan dari Surabaya menuju 17 kota/kabupaten di Jatim.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan pendaftaran mudik gratis ini sudah bisa dilakukan secara online mulai 27 Maret - 10 April 2023 melalui website mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id.

Mudik gratis menggunakan bus yang akan diberangkatkan mulai 19 April 2023 di Kantor Dinas Perhubungan Jatim ini akan tersedia sebanyak 90 bus dengan tujuan 20 kota/kabupaten.

Adapun jurusan atau rute mudik gratis ini di antaranya dari Surabaya menuju Madiun, Magetan, Ponorogo, Nganjuk, Tulungagung, Blitar, Trenggalek, Bondowoso, Pacitan, Jember. Selain itu, juga Surabaya tujuan Malang – Blitar, Banyuwangi, Ngawi, Tuban, Sumenep, dan tujuan Bojonegoro. 

“Peserta mudik harus memenuhi sejumlah persyaratan pendaftaran, di antaranya dengan mengirimkan fotokopi KTP dan KK secara online, serta sudah vaksin booster,” kata Khofifah, Senin (27/3/2023).

Untuk mengurangi serta mengurai kemacetan di jalan raya, Pemprov Jatim juga menyiapkan mudik gratis sepeda motor yang juga dibernagkatkan pada 18 April 2023 dengan tujuan Madiun, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Jember dan Banyuwangi. 

“Masyarakat yang ingin tetap mudik dengan membawa motornya bisa memanfaatkan program ini, dengan kuota 400 kendaraan,” imbuh Khofifah.

Selain menggunakan bus, Pemprov Jatim juga menyediakan mudik gratis dengan menggunakan satu unit kapal laut Kapal KMP. Wicitra Dharma I bagi masyarakat kepulauan. Kapal tersebut mampu menampung 2.400 penumpang dan mengangkut 400 motor lebih dengan Rute Pelabuhan Jangkar menuju Pulau Raas dengan jumlah retase 6 kali Pulang Pergi (PP).

Pendaftaran mudik menggunakan kapal laut ini dibuka pada 1 - 20 April 2023 secara offline dengan jadwal mudik P. Jangkar - Raas PP pada 16, 18, 20 April 2023. Sedangkan, rencana jadwal balik dari Pulau Raas – Pelabuhan Jangkar PP pada 26 April, 29 april dan 2 Mei 2023. 

“Kami memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mudik di Pulau Raas dengan langsung mengunjungi loket operator PT DDU di Pulau Raas dan pelabuhan Jangkar,” jelasnya.

Khofifah menambahkan, pihaknya juga menyiapkan mudik gratis bagi masyarakat asal Jatim yang tinggal dan bekerja di Jakarta dengan menggunakan sebanyak 34 bus. 

Sebanyak 20 bus akan diberangkatkan pada 18 April 2023 dari anjungan Jatim TMII Jakarta menuju Jatim. Serta sebanyak 14 bus dari Jatim kembali ke Jakarta untuk arus balik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper