Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dekopin Dorong Koperasi Retail Perkuat Lokapasar

Potensi dan kemanfaatan koperasi retail sangat besar mengingat pangsa pasarnya menjual barang konsumsi rumah tangga bersifat pokok yang dibutuhkan masyarakat.
Ilustrasi marketplace atau lokapasar alias pasar berbasis daring.
Ilustrasi marketplace atau lokapasar alias pasar berbasis daring.

Bisnis.com, BATU — Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) mendorong koperasi retail bersatu dengan membuat dan memperkuat marketplace/lokapasar guna memperkuat pemasaran sehingga sampai ke desa.

Ketua Umum Dekopin, Sri Untari Bisowarno, menegaskan pemerintah perlu memberikan kemudahan permodalan, regulasi, koneksi mitra bisnis, dan dukungan gudang distribusi barang dagangan sehingga koperasi retail dapat berkembang.

"Koperasi retail harus punya marketplace bersama sehingga mereka tidak hanya memiliki toko offline, juga online," katanya pada Kongres Asosiasi Koperasi Retail Indonesia (Akrindo) di Batu, Kamis (1/9/2022).

Potensi dan kemanfaatan koperasi retail sangat besar mengingat pangsa pasarnya menjual barang konsumsi rumah tangga bersifat pokok yang dibutuhkan masyarakat. Agar koperasi retail semakin kuat maka dalam pengembangan membutuhkan strategi tepat. Strategi itu harus berhimpun dalam wadah bersama sehingga dapat memperkuat bargaining position dengan pabrikan.

Menurut Untari, posisi tawar itu akan memudahkan saat kulakan barang ke prinsipal dan distribusi dan koperasi retail memperluas pasar melalui marketplace. "Pangsa pasar retail sangat besar dan berumur panjang karena manusia butuh barang konsumsi," katanya.

Dia juga meminta pengurus koperasi dituntut terus meningkatkan kapasitas manajemen dan sumber daya manusia dengan penempatan posisi yang tepat, termasuk cepat mengambil keputusan dalam menjalankan usaha.

Di sisi lain, dia juga meminta pemerintah harus memberikan subsidi pada retailer dalam hal permodalan, kemudahan akses dan suku bunga rendah. “Pemerintah sudah menyiapkan subsidi bunga untuk koperasi lewat Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah,” ucapnya.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper