Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PPN 11 Persen dan Inflasi Jadi Tantangan Ekstra Sektor Properti

Melihat kondisi pasar saat ini, hal penting lainnya adalah tidak terlalu fokus pada perolehan margin yang besar, tetapi lebih memperhatikan penyerapan produk
Ilustrasi./Bisnis-Arief Hermawan P
Ilustrasi./Bisnis-Arief Hermawan P

Bisnis.com, SURABAYA - Konsultan properti Colliers International menilai bahwa sektor properti saat ini menghadapi sejumlah tantangan ekstra sehingga diperlukan strategi khususnya fokus pada penyerapan produk.

Ferry Salanto, Head of Research dari Colliers Indonesia, mengatakan sejumlah tantangan yang tengah dihadapi pengembang di tahun pemulihan ekonomi saat ini memang cukup berat.

“Namun kami masih optimistis karena ini semua tentang siklus. Kami berpendapat kebijakan yang menambah beban pemulihan mungkin akan ditinjau kembali terutama ketika situasi ekonomi menjadi lebih menantang,” katanya, Kamis (2/6/2022).

Menurutnya, saat ini yang terpenting bagi pengembang adalah menyesuaikan dengan kemampuan, selera dan kebutuhan pasar. Tidak hanya terkait dengan produk, tetapi juga menyiapkan strategi dalam hal pembayaran, atau dengan penawaran lain yang bisa diberikan ke pasar.

“Melihat kondisi pasar saat ini, hal penting lainnya adalah tidak terlalu fokus pada perolehan margin yang besar, tetapi lebih memperhatikan penyerapan produk,” katanya.

Ferry menjelaskan, saat ini industri properti sedang menghadapi kenaikan PPN menjadi 11 persen dan inflasi, serta kenaikan suku bunga di luar Indonesia yang bisa berdampak pada pasar dalam negeri.

Pada tahun lalu sebenarnya merupakan periode yang cukup baik untuk pasar properti, terutama untuk sektor residensial. Dengan insentif yang menarik, dinilai menguntungkan dalam membangkitkan semangat pembelian properti di tengah kondisi yang tidak stabil.

Hanya saja, kenaikan PPN menjadi 11 persen mulai April akan mempengaruhi berbagai aspek pasar, terutama pada daya beli masyarakat. Di tengah kondisi ekonomi yang lamban yang masih berjuang untuk pulih, daya beli masyarakat belum sepenuhnya pulih. 

“Kenaikan PPN ditambah dengan beberapa kenaikan lainnya, seperti untuk tarif dasar listrik dan BBM sekaligus, jelas berdampak pada dunia usaha dan konsumsi masyarakat pada umumnya,” ujarnya.

Selain faktor selain kenaikan PPN, lanjut Ferry, terdapat juga faktor eksternal lain yang dapat menjadi tantangan bagi pertumbuhan sektor properti, salah satunya adalah inflasi yang melonjak.

“Jika inflasi naik, kemungkinan besar suku bunga juga akan disesuaikan ke atas, yang akan menambah tekanan pada industri properti,” imbuhnya.

Ferry menambahkan, bagi pembeli tipe investor, ekspektasi atas potensi imbal hasil yang dihasilkan properti merupakan pertimbangan utama saat membeli properti.

“Kami mempertahankan pandangan positif kami untuk sektor perumahan mengingat insentif PPN yang sedang berjalan. Jika ini bisa diperpanjang, pasar residensial akan melanjutkan momentum kenaikannya, terutama di segmen menengah ke bawah,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper