Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Produksi Daun Kering Tembakau PTPN X Ditarget 1.200 Ton

Diharapkan kualitas tembakau PTPN X bisa meningkat dengan target kualitas Natural Wrapper (WN) 31 persen, dan bisa memenuhi selera pasar dunia.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 10 Mei 2022  |  17:36 WIB
SEVP Operation PTPN X, Dimas Eko Prasetyo saat menanam tembakau perdana di di Blok Curah Rejo G, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember, Selasa (10/5/2022). - Dok. PTPN X
SEVP Operation PTPN X, Dimas Eko Prasetyo saat menanam tembakau perdana di di Blok Curah Rejo G, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember, Selasa (10/5/2022). - Dok. PTPN X

Bisnis.com, SURABAYA - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X menargetkan tahun ini bisa memproduksi sebanyak 1.200 ton daun kering tanaman tembakau dari luasan tanam 650 hektare atau naik 10 persen dari tahun lalu.

SEVP Operation PTPN X, Dimas Eko Prasetyo mengatakan untuk mencapai target tersebut, perseroan telah memulai musim tanam tembakau 2022 yang dilakukan perdana di Blok Curah Rejo G, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember pada 10 Mei 2022.

“Pada tanam perdana tembakau di Blok Curah Rejo G ini dilakukan di lahan seluas 5,9 hektare, dengan target produksi daun kering sebanyak 10.600 kg,” jelasnya, Selasa (10/5/2022).

Dia mengatakan perseroan berupaya untuk terus meningkatkan produksi dan kualitas dari komoditas tanaman tembakau. Upaya tersebut dilakukan dengan menerapkan SOP pengelolaan tembakau dan monitoring serta evaluasi yang lebih ketat.

“Setiap SDM kami di kebun tembakau juga akan bergerak lebih tanggap dalam memantau dan menyelesaikan setiap kendala yang ditemui. Harapannya kualitas tembakau PTPN X bisa meningkat dengan target kualitas Natural Wrapper (WN) 31 persen, dan bisa memenuhi selera pasar dunia,” jelasnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Jember, Imam Sudarwaji menambahkan, tembakau merupakan komoditas unggulan dan sangat penting bagi perekonomian warga Jember.

Tembakau adalah komoditas penting bagi perekonomian Jember, diharapkan kualitas dan kuantitas tembakau ini harus terus dijaga,” imbuhnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ptpn x tembakau
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top