Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Minyak Goreng di Kediri Naik Drastis

Harganya kembali mengikuti mekanisme pasar.
Ilustrasi./JIBI
Ilustrasi./JIBI

Bisnis.com, KEDIRI - Harga minyak goreng kemasan di sejumlah pasar modern di Kota Kediri, Jawa Timur, sudah naik drastis yang kini harganya untuk kemasan 1 liter antara Rp20 ribu hingga Rp22.000, sedangkan kemasan 2 liter antara Rp47.000 hingga Rp50.000 per liter.

Setya, seorang pengunjung di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Kediri, mengaku cukup kaget karena harga sudah langsung naik drastis.

"Kemarin baru ada informasi di media, tapi hari ini harganya sudah naik. Hampir dua kali lipat, lumayan mahal," kata Setya di Kediri, Kamis (17/3/2022).

Ana, warga Kediri lainnya, mengaku juga cukup terkejut dengan harga minyak goreng saat ini. Saat harga ada subsidi, dirinya mengaku harus antre untuk ikut membeli minyak goreng dengan harga subsidi, sebab di sejumlah toko modern sering habis stok.

"Saya sebelumnya ikut antre. Ini masih ada stok di dapur, jadi untuk saat ini masih aman. Tapi, harga minyak goreng memang hampir dua kali lipat saat ini," kata Ana.

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri juga memantau harga minyak goreng di sejumlah pasar modern, pascakebijakan yang baru, yakni HET diberikan untuk minyak goreng sawit curah Rp14.000 per liter.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri Salim Darmawan mengatakan tim telah memantau ke sejumlah pasar modern dan harga minyak goreng saat ini dijual sesuai dengan harga pasar. Untuk kemasan 1 liter antara Rp20.000 hingga Rp22.000, sedangkan kemasan 2 liter antara Rp47.000 hingga Rp50.000 per liter.

"Dari pantauan minyak goreng sudah tersedia yang dalam kemasan. Tapi, harganya kembali mengikuti mekanisme pasar," kata dia.

Pihaknya juga mengatakan untuk saat ini belum ada program yang lebih spesifik setelah ada kebijakan aturan harga eceran tertinggi (HET) yang baru untuk minyak goreng itu.

HET diberikan untuk minyak goreng sawit curah, sehingga masyarakat bisa mendapatkan seharga Rp14.000 per liter. Sedangkan yang kemasan, diserahkan kepada mekanisme pasar.

"Kami belum berani melaksanakan operasi pasar. Sambil menunggu dari pusat, kami melihat respon dari kebijakan baru ini," kata Salim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper