Soal Video Viral Pria Buang Sesajen, Bupati Lumajang: Saya Kecewa

Bupati Lumajang Thoriqul Haq kecewa dengan tindakan tak terpuji yang dilakukan seorang pria yang menendang sesajen di kawasan Gunung Semeru.
Tangkapan layar video seorang pria membuang sesajen/Twitter
Tangkapan layar video seorang pria membuang sesajen/Twitter

Bisnis.com, LUMAJANG - Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengaku kecewa dengan tindakan tak terpuji yang dilakukan seorang pria yang menendang sesajen di kawasan Gunung Semeru.

Pasalnya, tindakan tersebut berpotensi memecah belah kerukunan antarumat beragama yang sudah terjalin baik di Lumajang selama ini.

Oleh karena itu, Thoriqul berharap agar pelaku bisa segera ditangkap untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Apa pun motifnya, tentu saya kecewa. Itu melanggar tata nilai yang kami hidup berdampingan bersama dengan seluruh agama, seluruh suku di Lumajang," ucapnya dikutip dari Antara, Senin (10/1/2022).

Ormas Hindu lapor polisi

DPD Prajaniti Hindu Indonesia Jawa Timur melaporkan pria yang menendang dan membuang sesajen di lokasi bencana Gunung Semeru ke polisi.

Pasalnya, tindakan tersebut sangat menyakiti dan menodai umat Hindu dan budayawan setempat. Hal itu juga dikhawatirkan dapat mengadu domba antarumat beragama.

"Perlu dicari motivasinya apa orang tersebut. Selain membuang itu, kita khawatir ada motivasi adu domba antar-umat beragama," ujar Wakil Ketua Bidang hukum dan Politik DPD Prajaniti Hindu Indonesia Jatim I Ketut Swardana.

"Ini Kenapa kita menginginkan harus dicari tuntas motivasinya karena umat beragama di Jatim sangat harmonis, tidak ada gesekan sama sekali," lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, rekaman video yang memperlihatkan seorang pria membuang dan menendang sesajen di kawasan Gunung Semeru viral di media sosial.

Video tersebut salah satunya diunggah oleh akun Twitter @setiawan3833 pada Sabtu (10/1/2022).

Dalam keterangan yang ditulis, kejadian itu terjadi di Sumbersari, Lumajang, Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper