Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6 Desa Wisata Jatim Terpilih Jadi Desa Wisata Terbaik 2021

Sektor wisata merupakan sektor yang sangat terdampak saat pandemi Covid-19. Namun selama pandemi ternyata pelaku wisata berbasis desa di Jatim tetap semangat di tengah keterbatasan.
Desa wisata terbaik di Jatim.
Desa wisata terbaik di Jatim.

Bisnis.com, SURABAYA — Sebanyak enam desa wisata di Jawa Timur terpilih sebagai penerima anugerah Desa Wisata Terbaik Indonesia Bangkit 2021 dari total 50 desa wisata terbaik di Indonesia.

Adapun enam desa wisata di Jatim yang terpilih tersebut di antaranya Desa Wisata Kampung Blekok Kabupaten Situbondo, Desa Wisata Sanankerto Kabupaten Malang, Desa Wisata Kampung Majapahit Bejijong Kabupaten Mojokerto, Desa Wisata Tamansari Banyuwangi, Desa Wisata Ranupani Lumajang, dan Desa Wisata Serang Kabupaten Blitar.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan sektor wisata merupakan sektor yang sangat terdampak saat pandemi Covid-19. Namun selama pandemi ternyata pelaku wisata berbasis desa di Jatim tetap semangat di tengah keterbatasan.

“Terima kasih kepada para Pokdarwis (kelompok sadar wisata) dan pelaku wisata desa serta para kades, camat, dan tentu kepala daerah, Semoga Covid-19 segera berlalu, wisata kita bergerak bangkit kembali, mohon doa dan supportnya,” katanya dikutip dalam akun instagram @khofifah,ip, Kamis (26/8/2021).

Berdasarkan data Asosiasi Desa Wisata Indonesia (Asidewi) pada 2020, tercatat jumlah desa wisata di Indonesia mencapai 1.302 desa dengan 6 peringkat teratas yakni 138 desa wisata di Jawa Barat, 132 desa wisata di Jawa Tengah, 114 desa wisata di Jawa Timur, 92 di NTT, 87 di Sumatera Utara, dan 57 Yogyakarta. 

Posisi desa wisata sendiri berada di lingkup usaha mikro dan kecil, yang tercatat secara nasional ada 63.350.222 unit usaha mikro (98,68 persen dari total usaha), sedangkan usaha skala kecil tercatat ada 783.132 unit (1,22 persen).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper