Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Desa Wisata Jatim Terpilih Jadi Desa Wisata Terbaik 2021

Sektor wisata merupakan sektor yang sangat terdampak saat pandemi Covid-19. Namun selama pandemi ternyata pelaku wisata berbasis desa di Jatim tetap semangat di tengah keterbatasan.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 26 Agustus 2021  |  17:18 WIB
6 Desa Wisata Jatim Terpilih Jadi Desa Wisata Terbaik 2021
Desa wisata terbaik di Jatim.
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA — Sebanyak enam desa wisata di Jawa Timur terpilih sebagai penerima anugerah Desa Wisata Terbaik Indonesia Bangkit 2021 dari total 50 desa wisata terbaik di Indonesia.

Adapun enam desa wisata di Jatim yang terpilih tersebut di antaranya Desa Wisata Kampung Blekok Kabupaten Situbondo, Desa Wisata Sanankerto Kabupaten Malang, Desa Wisata Kampung Majapahit Bejijong Kabupaten Mojokerto, Desa Wisata Tamansari Banyuwangi, Desa Wisata Ranupani Lumajang, dan Desa Wisata Serang Kabupaten Blitar.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan sektor wisata merupakan sektor yang sangat terdampak saat pandemi Covid-19. Namun selama pandemi ternyata pelaku wisata berbasis desa di Jatim tetap semangat di tengah keterbatasan.

“Terima kasih kepada para Pokdarwis (kelompok sadar wisata) dan pelaku wisata desa serta para kades, camat, dan tentu kepala daerah, Semoga Covid-19 segera berlalu, wisata kita bergerak bangkit kembali, mohon doa dan supportnya,” katanya dikutip dalam akun instagram @khofifah,ip, Kamis (26/8/2021).

Berdasarkan data Asosiasi Desa Wisata Indonesia (Asidewi) pada 2020, tercatat jumlah desa wisata di Indonesia mencapai 1.302 desa dengan 6 peringkat teratas yakni 138 desa wisata di Jawa Barat, 132 desa wisata di Jawa Tengah, 114 desa wisata di Jawa Timur, 92 di NTT, 87 di Sumatera Utara, dan 57 Yogyakarta. 

Posisi desa wisata sendiri berada di lingkup usaha mikro dan kecil, yang tercatat secara nasional ada 63.350.222 unit usaha mikro (98,68 persen dari total usaha), sedangkan usaha skala kecil tercatat ada 783.132 unit (1,22 persen).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata jatim
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top