Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awal Maret, Arus Penumpang di Juanda Mulai Meningkat

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pihaknya sudah mengoperasikan 10 gate dan ruang tunggu keberangkatan pada jam sibuk yakni 06.00 WIB - 13.00 WIB.
Ilustrasi Bandara Juanda, Surabaya.
Ilustrasi Bandara Juanda, Surabaya.

Bisnis.com, SURABAYA — Bandara Internasional Juanda Surabaya mencatatkan adanya peningkatan pergerakan atau arus penumpang pesawat sejak awal Maret 2021 yakni tumbuh 11 persen.

General Manager Bandara Internasional Juanda Kicky Salvachdie mengatakan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pihaknya sudah mengoperasikan 10 gate dan ruang tunggu keberangkatan pada jam sibuk yakni 06.00 WIB - 13.00 WIB.

“Langkah ini kami lakukan untuk mengantisipasi bila terjadi delayed karena faktor cuaca. Kami juga melakukan pengawasan yang ketat dalam implementasi protokol kesehatan, bahkan melakukan announcement setiap 10 menit agar calon penumpang tertib prokes,” jelasnya, Kamis (18/3/2021).

Dia juga memperkirakan jika arus penumpang di Juanda akan terus meningkat seiring dengan pilihnya akivitas ekonomi, apalagi biasanya menjelang momen libur Lebaran meskipun hingga kini belum ada kebijakan mengenai libur panjang dan mudik.

“Kami pun mendorong maskapai untuk memanfaatkan secara maksimal operating hour yang ada, serta membahas bersama upaya untuk meningkatkan jumlah penumpang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, termasuk antisipasi cuaca buruk,” imbuhnya.

Adapun pada pekan pertama (1 - 7 Maret 2021), total arus penumpang berangkant dan datang di Juanda mencapai 99.248 penumpang. Kemudian minggu kedua (8 - 14 Maret) mencapai 110.073 penumpang, yang berarti ada kenaikan 11 persen.

“Dari arus tersebut, penumpang di kedatangan masih mendominasi sekitar 53 persen dan 47 persen penumpang berangkat,” kata Kicky.

Berdasarkan jumlah penumpang harian di Bandara Internasional Juanda pun juga mengalami peningkatan, yakni pada pekan pertama rerata mencapai 14.000 penumpang per hari, meningkat menjadi 15.000 penumpang per hari pada pekan kedua, bahkan sempat mencapai 18.489 penumpang pada 11 Maret 2021.

Selain arus penumpang, pertumbuhan juga terjadi pada pergerakan pesawat yang naik 3 persen. Pada pekan pertama Maret mencapai 1.103 pesawat kemudian meningkat menjadi 1.141 pesawat pada pekan berikutnya.

“Jumlah pergerakan pesawat harian tertinggi mencapai 181 pesawat pada 10 Maret dengan rata-rata harian pada hari-hari sebelumnya hanya mencapai 160 pergerakan pesawat,”  imbuhnya.

Secara total sejak Januari - Februari, arus penumpang di Bandara Juanda ini telah mencapai 768.287 penumpang dengan total pergerakan pesawat sebanyak 9.166 pesawat, dan pelayanan karo mencapai 10,8 juta kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper