Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Barata Indonesia Garap Belasan Proyek Hidromekanikal

Dalam proyek hidromekanikal ini, perseroan berperan dalam pengerjaan engineering, fabrikasi mekanikal, elektrikal, erection hingga commissioning
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 18 Februari 2021  |  20:41 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, SURABAYA - PT Barata Indonesia (Persero) mencatat sedikitnya ada 12 wilayah yang pernah digarap perseroan dalam proyek hidromekanikal hingga saat ini, salah satunya proyek Bendungan Tapin Kalimantan Selatan.

Direktur Utama Barata Indonesia Fajar Harry Sampurno mengatakan proyek Bendungan Tapin Kalsel ini digarap melalui sinergi BUMN yakni KSO Brantas Abipraya - Waskita Karya dan didukung oleh Barata Indonesia.

“Dalam proyek hidromekanikal ini, perseroan berperan dalam pengerjaan engineering, fabrikasi mekanikal, elektrikal, erection hingga commissioning,” katanya dalam siaran pers, Kamis (18/2/2021).

Dia mengatakan Bendungan Tapin Kalsel yang baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 18 Februari 2021 ini memiliki kapasitas 70,52 juta m3 dan akan mengairi lahan seluas 5.472 hektar di Kabupaten Tapin. 

Keberadaan bendungan ini diharapkan dapat menyediakan air baku untuk wilayah rantai sebesar 500 liter/detik, mereduksi banjir hingga 107m3/detik, serta memiliki manfaat penting lainnya seperti sebagai fasilitas konservasi air atau ground water recharge.

“Bendungan ini juga menjadi destinasi wisata di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Tapin, sekaligus sebagai sumber air untuk PLTA sebesar 3,30 MW,” jelasnya.

Harry mengatakan perseroan sendiri ingin terus mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan ketahanan air dan pangan nasional melalui proyek hidromekanikal. Hal ini sejalan dengan filosofi bisnis perseroan yakni Food, Energy dan Water (FEW), yakni pengelolaan sumber daya air merupakan unsur penting untuk mendukung produksi pangan yang berkelanjutan.

“Barata melalui kompetensi Divisi Sumber Daya Air akan terus mendukung penuh proyek pekerjaan hidromekanikal tanah, air bahkan hingga sisi tersiernya untuk pengembangan PLTA,” katanya.

Adapun 13 proyek hidromekanikal yang pernah digarap Barata Indonesia di antaranya adalah rehabilitasi Bendung Pasar Baru - Tangerang, rehabilitasi Pintu Air Kedung Semat - Jepara, Bendungan Ubrug - Jatiluhur, Bendungan Gerak Sembayat - Gresik, Bendungan Kuningan - Jabar, Bendungan Tanju dan Mila -  NTB, Bendungan Passeloreng - Sulsel, Bendungan Gerak Bojonegoro - Jatim, Bendungan Jabung Way Sekampung dan Margatiga -  Lampung, Bendungan Tiga Dihaji Martapura - Sumsel, dan Bendungan Karian - Lebak, dan terakhir Bendungan Tapin.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PT Barata Indonesia Kalsel
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top