Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kualitas Garam Rakyat di Tiga Sentra Produksi Jatim Dipacu

Tiga sentra produksi garam di Jatim yang akan mendapatkan bantuan mesin di antaranya Pasuruan, Gresik dan Sampang.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 18 November 2020  |  21:51 WIB
Ilustrasi - Antara/Zabur Karuru
Ilustrasi - Antara/Zabur Karuru

Bisnis.com, SURABAYA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah menjalankan program bantuan mesin pengolahan garam di 3 sentra produksi garam di Jawa Timur untuk meningkatkan kualitas produksi garam rakyat.

Direktur Jasa Kelautan, KKP, Miftahul Huda menjelaskan untuk meningkatkan kualitas produksi garam rakyat sehingga harga garam rakyat bisa terangkat dan bisa diserap pasar dengan optimal, maka dibutuhkan intervensi, salah satunya pemberian mesin pengolahan.

“Kalau yang selama ini diolah tanpa mesin harga garamnya bahkan anjlok sampai Rp250/kg, setelah diolah dengan mesin yang menghasilkan garam kualitas industri dengan Hcl 97, maka harganya bisa dibeli sampai Rp2.500/kg,” jelasnya di sela-sela FGD dan Rakor HMPG Jatim, Rabu (18/11/2020).

Dia mengatakan tiga sentra produksi garam di Jatim yang akan mendapatkan bantuan mesin di antaranya Pasuruan, Gresik dan Sampang. Rencananya, mesin tersebut akan datang pada Desember mendatang.

“Ini adalah bagian dari hilirisasi produk dari masyarakat. Hasil garam yang diolah mesin itu diharapkan bisa menaikkan harga garam rakyat, sehingga bila ada impor garam, kita tetap menang, makanya kitaa harus buktikan kualitas dulu,” imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim garam
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top