Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Kualanamu Layani 10.000 Orang per Hari

Rute domestik itu, masih didominasi penumpang rute Jakarta pergi pulang setiap hari.
Calon penumpang pesawat udara berada di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara./Antara-Septianda Perdana
Calon penumpang pesawat udara berada di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara./Antara-Septianda Perdana

Bisnis.com, MEDAN - Otoritas Bandar Udara Internasional Kualanamu (KNIA) di Deli Serdang, Sumatera Utara mengaku telah melayani semua penerbangan langsung rute domestik dengan rata-rata penumpang setiap hari mencapai 10.000 orang di tengah pandemi Covid-19.

"Kalau maskapai domestik, semuanya beroperasi untuk saat ini. Cuma yang penerbangan internasional, kita belum melayani," kata Pelaksana tugas (Plt) Manajer Komunikasi dan Hukum KNIA, Fajri Ramdhani di Medan, Minggu (16/11/2020).

Ia menerangkan, sedikitnya ada 25 rute domestik dilayani, yakni Soekarno Hatta di Jakarta, Sultan Iskandar Muda di Banda Aceh, Sultan Thaha di Jambi, Ngurah Rai di Bali, Hang Nadim di Batam, dan Juanda di Surabaya.

Lalu Adi Sutjipto di Yogyakarta, Halim Perdana Kusuma di Jakarta, Kertajati di Jawa Barat, Kulon Progo di Jogjakarta, Minangkabau di Padang, Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru, Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, dan Pinang Kampai di Dumai.

Aek Godang di Padang Sidempuan, Silangit di Tapanuli Utara, Ferdinand Lumbang Tobing di Tapanuli Tengah, Binaka di Gunung Sitoli, Lasondre di Nias Selatan, Blang Kejeren di Gayo Lues, Kuala Batee di Blang Pidie, Malikus Shaleh di Aceh Utara, Cut Nyak Dhien di Nagan Raya, Rambele di Bener Meriah, dan Lasikin di Simeulue.

Ke-25 rute domestik tersebut, lanjutnya, dilayani oleh beberapa maskapai di Bandara Kualanamu, seperti Lion Air, Batik Air, Wings Air, Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya Air, AirAsia, Susi Air, dan penerbangan charter atau sewa.

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 yang terjadi di Tanah Air sejak delapan bulan terakhir menimbulkan dampak negatif bagi sektor transportasi udara di Sumatera Utara secara khusus, dan Indonesia pada umumnya.

"Rute domestik itu, masih didominasi penumpang rute Jakarta pergi pulang setiap hari," tegas Fajri.

Ketua Komoditas Operator Penerbangan (AOC) KNIA, Rahmat Iskandar, memperkirakan, jumlah penumpang maskapai setiap penerbangan rata-rata mencapai 50 persen semua tujuan domestik.

"Kalau di Kualanamu masih rata-rata di bawah 50 persen, khusus untuk penerbangan domestik. Semua maskapai sudah beroperasi, seperti Lion Grup, Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, dan lainnya," katanya.

"Yang 50 persen itu, operasionalnya dan bukan penumpang. Yang dulu operasionalnya rata-rata 200 sehari masuk dan berangkat di Kualanamu," tutur Rahmat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper