Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Surabaya Siapkan Strategi Berkarya Pekerja Seni di tengah Pademi

Kegiatan pertunjukan langsung tidak dilakukan saat ini.
Ilustrasi pertunjukan jatilan./Antara
Ilustrasi pertunjukan jatilan./Antara

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya tengah menyiapkan formula baru agar pekerja seni di Kota Pahlawan tetap bisa berkarya dan berkreasi meski di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya, Antiek Sugiharti mengatakan sesuai analisa kajian dan masukan dari Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesian (Persakmi) memang pertunjukan seni di ruang terbuka saat ini masih memiliki peluang cukup besar dalam penyebaran Covid-19.

"Jadi sesuai sarannya, maka kegiatan pertunjukan tidak dilakukan saat ini,” katanya, Minggu (30/8/2020).

Namun begitu, Pemkot Surabaya memastikan formula yang disiapkan ini tetap mengedepankan protokol kesehatan ketat, serta tidak menimbulkan kerumunan.

Upaya menyiapkan formula ini adalah bagian dari pemerintah dalam memberikan ruang gerak bagi seniman, budayawan, atau pekerja seni untuk bisa tetap berkarya dan berkreasi.

“Kita mencari pola baru bagaimana pekerja seni tetap bisa berproduksi, berkarya dan bisa mendapatkan penghasilan, tetapi tetap memperhatikan bagaimana pengamanan supaya tidak terjadi klaster baru di dalam Covid-19 ini,” katanya.

Antiek menambahkan rencananya Pemkot Surabaya akan menggelar rapat bersama para seniman, budayawan dan media agar mendapatkan masukan dari berbagai pihak sebelum menerapkan konsep pertunjukan di era normal baru.

"Mungkin nanti ada dua konsep yang bisa diterapkan bagi para seniman yakni interaktif misalnya melalui zoom, streaming Youtube atau Instagram, serta non interaktif seperti melalui taping kemudian disiarkan di televisi," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper