Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Layanan Sanitasi Terus Ditingkatkan

Di Jawa Timur, Ditjen Cipta Karya membangun instalasi pengolahan lumpur tinja (IPLT) untuk mengurangi pencemaran dari limbah tinja.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 13 Juli 2020  |  20:16 WIB
Sanitasi - Ilustrasi
Sanitasi - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus meningkatkan layanan sanitasi sebagai salah satu pelayanan dasar kepada masyarakat dalam meningkatkan kualitas lingkungan yang bersih.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa di Provinsi Jawa Timur, Ditjen Cipta Karya membangun instalasi pengolahan lumpur tinja (IPLT) untuk mengurangi pencemaran dari limbah tinja sekaligus mewujudkan lingkungan kota/kabupaten yang bersih, sehat, dan nyaman saat menjalani tatanan kenormalan baru (new normal).

“Dengan adanya fasilitas ini, limbah tinja yang dibawa truk tinja secara periodik akan diolah di IPLT ini. Hasil pengolahannya aman dibuang ke saluran air dan diharapkan bisa mengurangi pencemaran air dan tanah dari bakteri ecoli,” ujarnya melalui siaran pers, Senin (13/7/2020).

Sistem pengelolaan limbah tinja di Jawa Timur dibangun di sembilan kabupaten dan kota yang seluruhnya selesai pada 2019. Secara keseluruhan IPLT tersebut telah memberi manfaat layanan sanitasi bagi 233.239 KK di Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Tulungangung, Kota Blitar, Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Lamongan.

Pembangunan tiap-tiap IPLT rata-rata meliputi pengerjaan solid separation chamber, bangunan anaerobic baffled reactor, bangunan drying area, sludge drying bed, kolam fakultatif, kolam Maturasi, kolam wetland serta fasilitas penunjang lainnya seperti gudang kompos, kantor pengelola, perbaikan jalan akses, penerangan jalan, tembok pagar, dinding penahan, dan pos jaga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sanitasi pengolahan limbah
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top