Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

462 Kasus Corona di Gresik: Sehari Tambah 39 Orang, Bupati Halim Tak Malu Urutan 3 di Jatim

Kasus positif corona mencapai 39 pasien, total kini menjadi 462 pasien, dengan rincian 348 masih dirawat, 68 sembuh dan meninggal dunia sebanyak 46 orang.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 21 Juni 2020  |  08:19 WIB
Tim Covid-19 Hunter Jawa Timur menggelar pemeriksaan massal virus corona di 10 kota dan kabupaten. - Twitter @PemprovJatim
Tim Covid-19 Hunter Jawa Timur menggelar pemeriksaan massal virus corona di 10 kota dan kabupaten. - Twitter @PemprovJatim

Bisnis.com, GRESIK  - Kasus virus corona penyebab Covid-19 di Kabupaten Gresik, Jawa Timur sehari tembus 39 pasien positif, dan merupakan catatan tertinggi selama pandemi terjadi di wilayah itu, sebab sebelumnya kasus tertinggi tercatat hanya sampai 38 pasien yang terjadi pada Senin (15/6/2020).

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Gresik drg Saifudin Ghozali di Gresik, Sabtu (20/6/2020)  mengatakan, dengan catatan kasus positif mencapai 39 pasien, total kini menjadi 462 pasien, dengan rincian 348 masih dirawat, 68 sembuh dan meninggal dunia sebanyak 46 orang.

"Untuk tambahan kasus sembuh hari ini ada 8 orang, mereka dari Desa Watestanjung, Driyorejo, Karangrejo 2 orang, Kembangan, Masangan, Sukorejo dan Desa Manyar Sidorukun," kata Saifudin, kepada wartawan.

Selain itu, kata dia, Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Gresik hari ini juga melaporkan adanya pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal sebanyak 4 orang, masing-masing dua orang dari Kecamatan Panceng dan Kecamatan Kebomas.

Sebelumnya, Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto mengaku tidak akan malu apabila data setiap hari di wilayahnya terus melonjak tajam, dan tembus data tertinggi, karena itu bagian dari upaya pemantauan kepada masyarakat.

"Kami tidak akan malu meski jumlah kasus positif Covid-19 di Gresik ini besar dan menempati urutan ketiga, tapi bisa dirawat. Daripada tidak terpantau dan menulari banyak orang," kata Sambari.

Penyisiran Kasus

Oleh karena itu, Sambari meminta Dinas Kesehatan setempat untuk tetap melaksanakan penyisiran ke beberapa rumah sakit rujukan, dengan melakukan berbagai macam pemeriksaan kepada PDP atau menyisir pasien Gresik yang dirawat di berbagai rumah sakit di luar Gresik.

"Kami minta agar berdasarkan perbup semuanya untuk tetap menjaga dengan melakukan pengawasan di lingkungannya masing-masing. Standar penegakan protokol kesehatan juga harus dilaksanakan sampai di tingkat RT/RW," katanya.

Adapun Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur mencatat kabupaten/kota berstatus zona merah atau berisiko tinggi penularannya saat ini menurun menjadi tujuh daerah.

"Sebelumnya ada 12 daerah, tapi sekarang sudah tinggal tujuh daerah dan semoga bisa semakin turun," ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Sabtu (20/6/2020) malam.

Tujuh daerah berstatus zona merah saat ini yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Situbondo.

Berdasarkan data gugus tugas per Sabtu (20/6/2020) pukul 17.00 WIB, di tujuh daerah tersebut persebaran kasus untuk pasien terkonfirmasi positif Covid-19 rinciannya yaitu Kota Surabaya sebanyak 4.572 orang, Sidoarjo 1.186 orang, Gresik 462 orang, Kabupaten Pasuruan 273 orang, Jombang 153 orang, Kabupaten Mojokerto 124 orang dan Situbondo 92 orang.

Berikutnya kasus pasien sembuh atau terkonversi negatif yaitu Kota Surabaya sebanyak 1.559 orang, Sidoarjo 193 orang, Gresik 68 orang, Kabupaten Pasuruan 58 orang, Jombang 17 orang, Kabupaten Mojokerto 16 orang dan Situbondo 16 orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gresik Virus Corona covid-19

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top