Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rapid Test Negatif COVID-19, Jatim Tetap Kawal 154 Pekerja Migran

Pemerintah Provinsi Jawa Timur tetap akan mengawal 154 pekerja migran Indonesia yang pulang dari Malaysia meski hasil rapid test seluruhnya menunjukkan negatif corona.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 07 April 2020  |  23:59 WIB
Kegiatan rapid test kepada 154 pekerja migran Indonesia yang baru pulang dari Malaysia di Bandara Internasional Juanda Surabaya pada Selasa (7/4/2020). - Bisnis.com/Peni Widarti
Kegiatan rapid test kepada 154 pekerja migran Indonesia yang baru pulang dari Malaysia di Bandara Internasional Juanda Surabaya pada Selasa (7/4/2020). - Bisnis.com/Peni Widarti

Bisnis.com, SURABAYA – Pemerintah Provinsi Jawa Timur tetap akan mengawal 154 pekerja migran Indonesia yang pulang dari Malaysia meski hasil rapid test seluruhnya menunjukkan negatif dari virus corona jenis baru COVID-19.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan jumlah pekerja migran yang pulang dari Malaysia dan baru mendarat di Bandara Internasional Juanda Surabaya pada Selasa  (7/4/2020) itu awalnya dinformasikan ada 156 orang, tetapi dalam manifes ternyata 154 orang.

"Alhamdulillah dari rapid test yang dilakukan oleh tim hasilnya negatif semua, tetapi pelapisan screening tetap dilakukan, jadi mereka diantar oleh armada yang disiapkan Pemprov sesuai dengan daerah kepulangan," ungkapnya saat konferensi pers pada Selasa.

Khofifah menambahkan setelah dilakukan screening di Juanda, para pekerja migran tersebut akan di-screening lagi di kota/kabupaten masing-masing dan dilanjutkan screening di wilayah desa tempat mereka tinggal.

Ketua Tim Tracing Penanganan Covid-19 Jatim dr. Kohar Hari Santoso menjelaskan pihaknya telah mencatat arah dan tujuan para pekerja migran tersebut serta mengoordinasikan dengan berbagai lintas sektor seperti Dinas Perhubungan dan TNI/Polri.

"Kami mencatat mereka ke mana tujuannya dan koordinasi dengan daerah mereka, untuk isolasi, dan kalau-kalau mereka ada kondisi atau gejala agar segera dilaporkan," kata Kohar.

Hingga Selasa ini, Jatim secara total telah melakukan rapid test sebanyak 7.279 test. Dari jumlah tersebut, 68 persen dilakukan terhadap petugas, 10 persen pasien dalam pengawasan (PDP), 11 persen orang dalam pemantauan (ODP) dan 11 persen orang tanpa gejala (OTG).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top