Cegah Penyebaran Virus Corona, Pengelola Tutup Jatim Park

Pengelola destinasi wisata di Kota Batu, Jawa Timur Park Group menutup sementara seluruh wahana wisata yang ada di Kota Apel tersebut, dalam upaya untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona atau COVID-19.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 17 Maret 2020  |  20:06 WIB
Cegah Penyebaran Virus Corona, Pengelola Tutup Jatim Park
Pemandangan di Jatim Park 1 sebagai salah satu destinasi di Kota Batu. - Tim Jelajah Jawa Bali 2019

Bisnis.com, JAKARTA - Pengelola destinasi wisata di Kota Batu, Jawa Timur Park Group menutup sementara seluruh wahana wisata yang ada di Kota Apel tersebut, dalam upaya untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona atau COVID-19.

Direktur Jatim Park 3 Suryo Widodo mengatakan, penutupan seluruh wahana tersebut berlaku mulai 20 Maret hingga 20 April 2020, atau selama satu bulan penuh. Penutupan tersebut didasari oleh imbauan Pemerintah Kota Batu, terkait pencegahan penyebaran COVID-19.

"Mulai 20 Maret hingga 20 April 2020, seluruh wahana Jawa Timur Park Group ditutup sementara bagi pengunjung," kata Suryo, kepada Antara, di Kota Batu, Jawa Timur, Selasa (17/3/2020).

Dia menambahkan, pihak Jatim Park Group bersama pemerintah berupaya untuk mencegah dan menghindari penyebaran COVID-19 secara luas demi kenyamanan dan kesehatan masyarakat Indonesia.

Di Indonesia, tercatat sebanyak 172 orang positif terjangkit COVID-19 yang mana sebanyak sembilan orang sudah dinyatakan pulih, sementara lima lainnya meninggal dunia.

Kasus COVID-19 di dunia  telah dinyatakan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), karena telah menyebar ke 155 negara, dan menjangkiti 181.584 orang di dunia, dengan 78.956 orang dinyatakan sembuh, dan sebanyak 7.139 orang meninggal dunia.

Menurut Suryo, pihaknya akan terus memantau perkembangan dan kondisi secara nasional terkait penyebaran COVID-19. Ia mengharapkan, wabah COVID-19 di yang merebak di dunia itu bisa segera diatasi.

Pihak Jatim Park Group saat ini masih merinci dan menghitung potensi kerugian akibat dampak penyebaran COVID-19, namun, Suryo menekankan, langkah penutupan sementara itu, sebagai salah satu bentuk antisipasi penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Beberapa biaya yang tetap harus dikeluarkan selama penutupan tersebut, diantaranya adalah gaji karyawan, biaya makanan dan pemeliharaan satwa, listrik, termasuk pembayaran bunga pada sektor perbankan.

"Untuk potensi kerugian, masih kami hitung. Kami akan melihat perkembangan kondisi yang terjadi secara nasional, semoga cepat berlalu," kata Suryo.

Jatim Park Group merupakan salah satu pengelola destinasi wisata di Kota Batu, Jawa Timur, yang memiliki konsep edukasi dan menggandeng Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam pengembangannya.

Saat ini, Jatim Park Group menaungi delapan lokasi wisata, dengan total sebanyak 13 wahana utama. Jumlah karyawan dan rekanan yang berada di bawah Jatim Park Group saat ini mencapai 5.000 orang.

Wahana wisata Jatim Park Group merupakan salah satu destinasi utama bagi para wisatawan di Kota Batu, Jawa Timur, dengan rata-rata jumlah total kunjungan per tahun mencapai 2,5 juta wisatawan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jatim

Sumber : Antara

Editor : Andhika Anggoro Wening
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup