Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peminat Umroh di Malang Tumbuh Pesat, RSU UMM Buka Layanan Vaksin Meningitis

Merespon terus menjamurnya biro travel umroh di Malang dan sekitarnya, Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Malang (RSU UMM) mendirikan Pusat Vaksin untuk memberikan pemberian vaksin jamaah yang akan umroh.
Ilustrasi vaksin menginitis./Antara
Ilustrasi vaksin menginitis./Antara

Bisnis.com, MALANG - Merespon terus menjamurnya biro travel umroh di Malang dan sekitarnya, Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Malang (RSU UMM) mendirikan Pusat Vaksin untuk memberikan pemberian vaksin jamaah yang akan umroh.

Direktur RSU UMM Prof Djoni Djunaedi mengatakan  layanan vaksinasi yang dibutuhkan calon jamaah umroh berupa vaksin meningitis.

“Tapi bagus juga ditambahi vaksin influenza,” katanya di sela-sela peluncuran Pelayanan Vaksin (Pusat Vaksin), Geriatri (Lanjut Usia), dan Ambulans Gawat Darurat (AGD), di RSU UMM, Selasa (21/1/2020).

Selain vaksinasi layanan meningitis, layanan lain yakni vaksinasi polio, rabies, influenza, dan hepatitis B. Layanan vaksinasi lain juga dapat diberikan asal ada permintaan dari masyarakat.

Untuk layanan vaksinasi meningitis, kata dia, RS UMM telah menjalin kerja sama dengan biro travel umroh di Malang dan sekitarnya. Dengan begitu, maka biro travel umroh mempunyai banyak pilihan untuk mendapatkan layanan vaksinasi meningitis bagi calon jamaahnya.

Pusat Geriatri, kata dia, berupa layanan bagi manula. Para manula yang hendak konsultasi atau berobat, kita menyediakan layanan fast track hingga paripurna. Sehingga keluarga atau anaknya tidak perlu khawatir. Sementara di RS lain, layanan Geriatri masih terbatas.

Layanan tersebut mengantisipasi tren tingginya angka harapan hidup masyarakat Indonesia bersamaan semakin tingginya angka kemakmuran masyarakat sehingga piramida penduduk Indonesia nantinya didominasi para manula.

“Ke depan, akan semakin kami tingkatkan layanan. Misalnya dengan layanan paripurna. Intinya, manula tidak perlu repot berjalan karena ada gedung sendiri dengan poliklinik yang beragam sesuai kebutuhan pasien,” ucapnya.

Layanan Geriatri, kata dia, juga me-link dengan kegiatan edukasi kesehatan yang dilakukan Asyiah. Dengan begitu, pelayanannya bisa paripurna.

Seperti penanganan penderita TBC, tingkat kegagalannya rendah. Begitu juga upaya mencegah penularannya, juga sangat efektif.

Tak hanya di internal, RSU UMM meluncurkan Ambulans Gawat Darurat (AGD) untuk menjangkau masyarakat yang membutuhkan layanan kegawatdaruratan. Ambulance 24 jam yang bisa dihubungi melalui Call Center AGD, 082 123 123 119, dilengkapi SDM kompeten dan bersertifikasi. Diharapkan AGD mampu mengurangi penumpukan pasien di IGD.

“Ada 6 unit ambulance siap melayani. Cukup telpon, para medis siap 24 jam. Bila menemui kecelakaan dijalan, maupun orang sakit buruh pertolongan bisa menghubungi layanan ambulance ini. Delapan tenaga medis bersertifikasi yang dibagi dua shift akan stand by bersama ambulance ini,” ungkap Humas RSU UMM, Dokter Viva Meiga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper