Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Revitalisasi Terminal Joyoboyo Surabaya Rampung Akhir Tahun Ini

Proses revitalisasi Terminal Intermoda dan Gedung Parkir Joyoboyo , Surabaya direncanakan rampung pada akhir tahun ini dan siap untuk beroperasi.

Bisnis.com, SURABAYA - Proses revitalisasi Terminal Intermoda dan Gedung Parkir Joyoboyo , Surabaya direncanakan rampung pada akhir tahun ini dan siap untuk beroperasi.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Ridho Nur Wahab mengatakan saat ini pembangunannya hampir memasuki tahap finishing.

"Jadi tinggal proses pembersihan serta tes komisioning, yaitu serangkaian kegiatan pemeriksaan dan pengujian instalasi listrik yang selesai dikerjakan dan hendak dioperasikan, agar aman saat digunakan," katanya dalam rilis, Rabu (11/12/2019).

Dia mengatakan beberapa peralatan yang nanti akan dioperasikan untuk pemeriksaan dan pengujian ini seperti CCTV, genset, lift dan eskalator.

Ridho menjelaskan, Terminal dan Gedung Parkir Joyoboyo ini didesain dengan konsep ruang terbuka hijau (RTH) di area utara dan selatan bangunan.

Bagian fasad terminal, juga di desain dengan konsep green fasade, dengan membuat tanaman secara vertikal untuk menambah estetika bangunan.

“Di berbagai sisi bangunan ditanami tanaman. Kalau mati langsung kita ganti. Dengan green building ini, lingkungan menjadi sehat,” katanya.

Adapun Terminal Intermoda dan Gedung Parkir Joyoboyo terdiri dari 5 lantai, dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, di antaranya toilet bahkan toilet khusus difabel di tiap lantai.

Dalam area tersebut juga terdapat kios basah dan kering untuk berjualan makanan maupun souvenir, serta area makan untuk indoor maupun outdoor, termasuk area bermain di lantai 4.

"Taman bermain ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat bermain, tetapi juga dapat mengedukasi masyarakat agar tertib di jalan raya," imbuh Ridho.

Bangunan yang berdiri di atas lahan seluas 8.669 m2 tersebut, merupakan revitalisasi  dari Terminal Joyoboyo yang difungsikan untuk memberikan pelayanan jasa angkutan. 

Kapasitas parkir yang tersedia pun cukup besar, dapat menampung 4 bus kota, 8 bus pariwisata, 69 mikrolet, 363 mobil dan 292 motor dalam satu terminal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler