Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PHRI Dorong Pengusaha Jatim Aktif Kembangkan Potensi Wisata Daerah

PHRI mendorong kalangan pengusaha hotel di Jawa Timur untuk ikut aktif mengembangkan potensi pariwisata daerah.
Ketua Umum PHRI, Haryadi Sukamdani (kanan) memberikan dokumen kepengurusan PHRI Jatim 2019  2024 kepada Ketua PHRI Jatim terpilih Dwi Cahyono (tengah) dalam Musda PHRI Jatim, di Hotel Elmi Surabaya, Rabu (4/12/2019)./Bisnis-Peni Widarti
Ketua Umum PHRI, Haryadi Sukamdani (kanan) memberikan dokumen kepengurusan PHRI Jatim 2019 2024 kepada Ketua PHRI Jatim terpilih Dwi Cahyono (tengah) dalam Musda PHRI Jatim, di Hotel Elmi Surabaya, Rabu (4/12/2019)./Bisnis-Peni Widarti

Bisnis.com, SURABAYA – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mendorong kalangan pengusaha hotel di Jawa Timur untuk ikut aktif mengembangkan potensi pariwisata daerah masing-masing agar sejalan dengan upaya meningkatkan kinerja okupansi hotel.

Ketua Umum PHRI, Haryadi Sukamdani mengatakan saat ini hotel tidak bisa berdiri sendiri dan melakukan promosi seorang diri melainkan perlu bersama-sama dengan pemerintah untuk menghidupkan atau mengembangkan potensi wisata yang ada di daerahnya.

"PHRI sekarang lingkupnya tidak cuma mengurusi hotel dan resto tapi aktif mengembangkan wisata di wilayah masing-masing. Kalau wisatanya berkembang, otomatis hotel ikut berkembang, karena kalau wisata tidak berkembang, maka hotel akan mengalami penyusutan,” ujarnya kepada Bisnis seusai Musda PHRI Jatim, Rabu (4/12/2019).

Dia mengatakan Jatim terlalu penting jika dibiarkan lantaran memiliki banyak potensi wisata daerah yang sangat besar. Untuk itu, pengusaha hotel meminta agar pemerintah memberikan dukungan dalam pengelolaan dan pengembangan wisatanya.

Selain itu, lanjutnya, hotel dan restoran selama ini telah aktif membayar pajak daerah sehingga diharapkan dari pajak tersebut pemerintah mengembalikannya dalam bentuk promosi pariwisata.

"Mungkin juga ada program-program potensial lain yang bisa dikerjasamakan antara pengusaha hotel ini dengan pemerintah untuk menarik kunjungan wisatawan sebanyak-banyaknya melalui event-event internasional,” imbuhnya.

Ketua PHRI Jatim terpilih, Dwi Cahyono menambahkan dalam kepengurusan PHRI 2019 – 2024 ini, ke depan pengusaha hotel di Jatim punya agenda untuk memajukan sektor pariwisata termasuk dari segi kunjungan wisatawan mancanegara.

"Kalau dulu Jatim menargetkan bisa mendatangkan 1 juta wisatawan, dan hanya tercapai 70.000 wisatawan, itu bukan tugas destinasi wisata saja, tapi juga tugas perhotelan untuk support,” katanya.

Selain itu, katanya, pengusaha juga akan berupaya agar terjadi pemerataan perhotelan mengingat di Jatim masih ada dearah yang over suplai kamar hotel, dan ada daerah yang masih kekurangan akomodasi ketika pariwisatanya mulai berkembang.

"Banyak PR yang harus dikerjakan ke depan, dan kami akan menyusun program jangka pendek, menengah dan jangka panjang,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper