Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

8 PLTS di Kepulauan Madura Bakal Beroperasi Agustus Ini

PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur memproyeksikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di 8 kepulauan Madura bisa beroperasi pada Agustus ini.
Ilustrasi./JIBI-Rachman
Ilustrasi./JIBI-Rachman

Bisnis.com, SURABAYA – PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur memproyeksikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di 8 kepulauan Madura bisa beroperasi pada Agustus ini.

Manager PLN Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Provinsi Jawa Timur, Imam Asrori mengatakan hingga saat ini progres pembangunan PLTS tersebut sudah mencapai 90%.

“Jika sudah beroperasi, PLTS ini akan beroperasi selama 12 jam sehari karena menggunakan tenaga matahari,” jelasnya dalam rilis, Kamis (8/8/2019).

Imam menjelaskan, proses pembangunan PLTS di kepulauan Madura ini pun tidak mudah mengingat material pembangunan harus dibawa menuju pulau-pulau kecil yang jarak tempuhnya sekitar 6 jam dengan kapal ferry dan dilanjutkan dengan kapal kecil karena belum ada dermaga yang memadai.

Adapun 8 pulau yang akan mendapatkan layanan dari PLTS ini adalah Pulau Pagerungan Kecil, Pulau Tonduk, Pulau Paliyat, Pulau Sabuntan, Pulau Saubi, Pulau Goa-Goa, Pulau Sakala, dan Pulau Masakambing.

Dia mengatakan sebelumya, warga di kepulauan Madura ini hanya bisa menggunakan listrik dengan memanfaatkan genset dan swadaya masyarakat. Diharapkan keberadaan PLTS ini nantinya bisa menekan biaya listrik yang dikeluarkan warga setiap bulan untuk membayar energi genset sekitar Rp50.000/titik lampu.

“Pembangunan PLTS ini merupakan upaya PLN untuk menwujudkan green enegry yang ramah lingkungan termasuk untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di Jatim yang ditargetkan bisa 100% pada 2020,” imbuhnya.

Selain itu, lanjutnya, sampai akhir tahun ini PLN Jatim juga berencana membangun PLTS lagi agar bisa mengaliri listrik 23 pulau kecil di Madura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper