Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pelindo III Mulai Terapkan e-Ticketing dan Gate in Online di Perak

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mulai menerapkan fasilitas gate in online dan e-ticketing untuk kapal penumpang dan ro-ro di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 20 Juni 2019  |  17:28 WIB
Penumpang turun dari KM Dharma Kartika IX yang bersandar di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, JawaTimur, Selasa (28/5/2019). - ANTARA/Didik Suhartono
Penumpang turun dari KM Dharma Kartika IX yang bersandar di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, JawaTimur, Selasa (28/5/2019). - ANTARA/Didik Suhartono

Bisnis.com, SURABAYA – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mulai menerapkan fasilitas gate in online dan e-ticketing untuk kapal penumpang dan ro-ro di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III, Putut Sri Muljanto mengatakan fasilitas gate in online dapat membuat penumpang dari 6 operator kapal ini bisa langsung check in dan memindai boarding-pass sebelum masuk ke dek kapal.

“Selain itu, data chek in dan boarding tersebut dapat dimanfaatkan oleh Kantor Kesyahbandaran sebagai manifes penumpang kapal yang valid dan menjadi dasar penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) agar kapal dapat berangkat,” katanya dalam rilis, Kamis (20/6/2019).

Dia mengatakan fasilitas tersebut sangat penting untuk diterapkan untuk menjamin faktor keselamatan berlayar kapal dan keamanan di gedung terminal penumpang lantaran area boarding dalam gedung terminal hanya akan diisi oleh penumpang kapal.

“Sedangkan agen penjualan tiket fisik akan dipindah ke lokasi lain di luar gedung per 1 Agustus sehingga bisa lebih nyaman dan lebih tertib,” imbuhnya.

Putut menambahkan, penerapan e-ticketing dan gate in online ini menjadi langkah penting dalam transformasi digital layanan penumpang moda transportasi laut di Indonesia. Rencananya Pelindo III akan menerapkan fasilitas ini di seluruh pelabuhan yang dioperasikan Pelindo III secara bertahap.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Agus H. Purnomo meminta agar Pelindo III dan para operator kapal melakukan sosialisasi tentang pemanfaatan fasilitas e-ticketing dan gate in online tersebut agar kemudahan pemesanan tiket bisa dirasakan masyarakat dan tidak terjadi kebingungan di terminal.

“Bandara dan stasiun bisa bagus (pelayanannya), maka pelabuhan juga bisa. Ayo kita bangun mulai dari Tanjung Perak ini. Kita edukasi masyarakat untuk membeli tiket online,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tanjung perak
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top