Puncak Arus Mudik di Surabaya Diprediksi Minggu

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, memprediksikan jika puncak arus mudik Lebaran di Jawa Timur, di antaranya di Terminal Purabaya, Surabaya, akan terjadi pada Minggu (2 Juni).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 Mei 2019  |  20:02 WIB
Puncak Arus Mudik di Surabaya Diprediksi Minggu
Penumpang KM Dharma Ferry VII asal Balikpapan, Kalimantan Timur, tiba di Dermaga Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (30/5/2019). Berdasarkan data Pelindo III pada mudik 2019 diperkirakan jumlah penumpang meningkat sekitar tiga persen yakni sekitar 467.730 orang dibanding musim mudik sebelumnya yang tercatat hanya 454.059 orang. - Antara/Zabur Karuru

Bisnis.com, SIDOARJO — Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, memprediksikan jika puncak arus mudik Lebaran di Jawa Timur, di antaranya di Terminal Purabaya, Surabaya, akan terjadi pada Minggu (2 Juni). Pasalnya masih ada masyarakat yang beraktivitas hingga Sabtu, 1 Juni.

Di sela tinjauan lapangan di Terminal Purabaya, Kamis (30/5/2019), dia ingin memastikan segala sesuatunya siap dan lancar, termasuk kesiapan armada bus yang akan digunakan untuk mudik Lebaran.

"Ternyata sejak H minus 7 pasokan armada masih cukup, dibandingkan dengan animo masyarakat yang mudik Lebaran," ujarnya.

Ia mengatakan, yang paling penting saat mudik Lebaran adalah kesehatan pengemudi, karena itu di Terminal Purabaya sudah dilakukan tes urine kepada seluruh pengemudi.

"Sesuai dengan pesan menteri kesehatan yang mengatakan, kesehatan pengemudi harus dijaga, termasuk juga mengecek kondisi bus yang akan digunakan untuk mudik," katanya.

Selain itu, kata dia, harga tiket juga sudah bisa dicek dengan menggunakan sistem tiket secara elektronik, meskipun saat ini yang sudah diterapkan masih jurusan Surabaya-Malang.

Menurut dia, posko juga sudah berdiri untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, terutama polisi. "Sejauh ini laporannya masih 'zero' dan semoga sampai arus balik yang diperkirakan pada tanggal 8 Juni dan 9 Juni nanti masih tetap sama, supaya masyarakat bisa memanfaatkan lebaran dengan nyaman dan aman," katanya.

Sementara data penumpang yang berangkat dari Terminal Purabaya pada Rabu hingga pukul 23.59 WIB, tercatat ada 32.686 orang dan diangkut 1.038 bus. Untuk tujuannya, didominasi rute Surabaya-Malang, Surabaya-Solo-Yogyakarya, dan Surabaya-Probolinggo-Banyuwangi.

Sedangkan untuk penumpang yang turun di Terminal Purabaya, datanya tercatat ada 29.114 penumpang dari 1.022 bus. Rata-rata penumpang dari Malang, Kediri, hingga Probolinggo dan Banyuwangi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top